Pembuatan Media Interaktif Literasi Numerasi Berbasis Aplikasi Kahoot
(1) Universitas Sulawesi Barat
(2) Universitas Sulawesi Barat
(3) Universitas Sulawesi Barat
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.2685/jkm.v1i1.39216
Abstract
Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Penguasaan guru terhadap teknologi informasi untuk membuat dan memanfaatkan media interaktif dalam pembelajaran adalah kegiatan yang penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran tersebut. Guru-guru di Indonesia banyak yang belum maksimal dalam penguasaan teknologi seperti pembuatan media interaktif literasi numerasi secara khusus di kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Belum maksimalnya penguasaan teknologi tersebut akan berpengaruh dalam ketercapaian pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka pengabdian ini dilakukan untuk memberi pelatihan kepada guru-guru dalam pembuatan media interaktif literasi numerasi berbasis kahoot. Kegiatan pelatihan ini diberikan kepada guru-guru di Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Wilayah Kecamatan Mapilli yang hadir sebanyak 21 orang. Metode pelatihan yang diberikan dengan penjelasan tentang aplikasi kahoot, pelajaran literasi numerasi dan mempraktekkan langsung pembuatan soal-soal literasi numerasi dengan penggunaan aplikasi kahoot. Pengabdian ini sangat membantu guru dalam pembuatan aplikasi kahoot untuk pembelajaran di kelas. Aplikasi kahoot sebagai media interaktif sangat cocok digunakan dalam pembelajaran literasi numerasi. Penggunaan aplikasi kahoot membuat pembelajaran semakin menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dellos, R. (2015). Kahoot! A digital game resource for learning. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(4), 49–52. https://www.scirp.org/(S(vtj3fa45qm1ean45%20vvffcz55))/reference/referencespapers.aspx?referenceid=2733863
Gres, D.K.N. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22-27. https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32
Huang, W. H. (2011). Evaluating learners' motivational and cognitive processing in an online game-based learning environment. Computers in Human Behavior, 27(2), 694-704. https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.07.02
Ilmiah, N.H., & Sumbawati, M.S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50. http://dx.doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p
Irwan, Luthfi, Z.F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1 .1866
Jamiluddin, D., Anugrah, P. (2020). Pelatihan Media Kahoot Pada Guru Dalam Proses Evaluasi Mengajar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 63-67. http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.9661
Ningrum, G. (2018). Studi Peneraan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(9), 75-79. https://doi.org/10.31932/ve.v9i1. 32
Puspaningrum, E., Sugiarto (2021) Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Anak Berbasis Game. Prosiding SNP2M UMAHA, 1(1), 102-105. https://proceeding.umaha.ac.id/index.php/snp2m/article/view/20
Rafnis, R. (2019). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. ETech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.24036/ET.V2I2.101336
Rosyanti, H., Nurul H., Sari, E., (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kahoot Dalam Membuat Kuis Online Pada Guru SMP di Suka Bumi Cikole. AN-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 15-20. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/10390/7034
Article Metrics
Abstract view : 627 times | PDF view : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JKM: Jurnal Kemitraan Masyarakat