Pengaruh Laba Bersih Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Andi Miftahul Jannah(1), Hariany Idris(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This study aims to determine the effect of Net Income on Share Prices in Construction Sector Companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The population in this study are construction sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2021 period, totaling 21 companies. The data collection technique used is collection. Data analysis techniques using descriptive analysis, simple linear regression analysis, t test, and the coefficient of determination. Based on the results of the study that net income has a significant effect on stock prices in construction sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Laba Bersih terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2021 yang berjumlah 21 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa laba bersih berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan sektor konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Key Words: Net Income; Share Prices

Full Text:

PDF

References


Akuntansi Indonesia Ikatan. (2022). Standar Akuntansi Keuangan. Ikatan Akuntansi Indonesia.

Brigham dan Houston. (2017). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1. Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat.

Fahmi. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan. Alfabeta.

Hery. (2015). Akuntansi Keuangan Menengah (kedua). CAPS.

Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis.

Simamora. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.