Magang PKL Jurusan Matematika Fmipa UNM pada Bidang PPTK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021

Asdar Asdar(1*), Irwan Irwan(2), Adil Saputra Anwar(3), Putra Imanullah Kadir(4), M. Fadly(5),

(1) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(2) 
(3) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(4) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(5) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan memiliki bidang Pembinaan Pendidik Tenaga Kependidikan (PPTK). PPTK merupakan bagian yang mengelola data tentang pegawai guru honorer dan PNS se-Sulawesi Selatan. Pengelolaan ini sangat sesuai dengan ilmu yang kami peroleh di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi dan analisa deskriptif tentang kegiatan PKL di PPTK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan adalah collaborative participatory qualitative descriptive. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 14 Juni sampai dengan 13 Agustus 2021 di PPTK Dinas Pendidikan Provinsi. Hasil yang diperoleh adalah pengalaman dan pengetahuan berkaitan dengan suasana kerja kantoran dan pendampigan langsung oleh pihak kantor. Pengalaman lain adalah adanya sharing pengetahuan, dimana kami juga memberikan pelatihan langsung cara menggunakan Microsoft Excel dan Word kepada beberapa pegawai yang belum mahir serta cara mengakses link kerja dMedia Sosial. Berdasarkan pengalaman kami maka disimpulkan bahwa magang ini masih sangat dibutuh oleh mahasiswa karena masih ada waktu untuk meng-upgrade pengetahuan setelah kembali ke kampus.


Kata Kunci: Praktik Kerja Lapangan, Dinas Pendidikan Provinsi SulSel


The Education Office of South Sulawesi Province has the field of Coaching for Educators for Education Personnel (PPTK). PPTK is the part that manages data on temporary teacher employees and civil servants throughout South Sulawesi. This management is in accordance with the knowledge that we have obtained at the Mathematics Department, FMIPA, Makassar State University. The purpose of this activity is to provide information and descriptive analysis about the activities of street vendors at the PPTK of the Education Office of South Sulawesi Province. The method used is collaborative participatory qualitative descriptive. This activity was carried out from June 14 to August 13, 2021 at the PPTK of the Provincial Education Office. The results obtained are experience and knowledge related to office work atmosphere and direct assistance by the office. Another experience is knowledge sharing, where we also provide hands-on training on how to use Microsoft Excel and Word to some employees who are not yet proficient and how to access dMedia work links. Based on our experience, it is concluded that this internship is still very much needed by students because there is still time to upgrade knowledge after returning to campus.


Keywords: Field Work Practice, Education Office of South Sulawesi Province



Full Text:

PDF

References


Alifia, Z. and Pradipta, T. R. (2021) ‘Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). doi: 10.31004/cendekia.v5i2.591.

Erica, D. et al. (2019) ‘Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(2), 58-66.’, Universal Pendidikan, (april 2017), pp. 8–22.

Fitriana, O. and Latief, J. (2019) ‘Evaluasi Program PKL FKIP UHAMKA (Penelitian Evaluatif berdasarkan CIPP)’, Jurnal Utilitas, 5(1), pp. 7–16.

Munirah (2015) ‘Sistem Pendidikan di Indonesia antara Keinginan dan Realita’, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2(2), pp. 233–245.

Novitasari, D. (2016) ‘Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa’, FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), p. 8. doi: 10.24853/fbc.2.2.8-18.

Sahari, E. E. (2014) ‘Praktek Kerja Lapangan’, Jurnal theorems (The Original Research of Mathematics) Kualitatif kuantitatif, 5, pp. 8–25. Available at: http://eprints.ung.ac.id/2541/6/2012-1-86204-131408204-bab2-28082012033927.pdf.

Sakti, P. W. (2020) ‘Pengaruh Praktik Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan B SMK Nasional Berbah’, Jurnal Pendidikan, 2(1), pp. 11–40.

Utami, T. D. W. I. (2015) ‘Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Sub Program Studi Pendidikan Ekonomi’, Ekonomi & Administrasi, pp. 4–40.

Yusuf, M. (2018) ‘Pengantar Ilmu Pendidikan’, Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, p. 126.


Article Metrics

Abstract view : 463 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.