Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa

Hasmira Hasmira(1*), Muhammad Guntur(2), Siti Syarifah Wafiqah Wardah(3), Yusi Irensi Seppa(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v3i1.58810

Abstract


Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa. Skripsi, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh (1) H.Muhammad Guntur (2) Siti Syarifah Wafiqah Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan perusahaan umum daerah air minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa khususnya yang berdomisili di kecamatan Somba opu dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik  simple random sampling dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25 yang terdiri dari analisis regresi berganda yang terlebih dahulu diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, multikolinearitas,  dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan untuk setiap variabel menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa. Hal ini dibuktikan berdasarkan Uji Korelasi serta Uji T dan Uji F serta Uji Koefisien Determinasi terhadap data yang diperoleh.

 

Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

 


Full Text:

PDF PDF

References


Agustiani, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung.

Astuti, M. & Matondang, M.M., M. T(2020). Manajemen Pemasaran:UMKM dan Digital Sosial Media. Yogyakarta : Deepublish.

Indrasari, M (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Korowa, Soetja Sumayku, S. A. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.6 no.2

Muhammad Ariandi Bakhtiar, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum (Studi Kasus Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Lamongan Unit Made). Diakses pada 11 Januari 2023

Sahabuddin, R. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa : Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Industri Perbangkan (M.Hasan (Ed.)). Pustaka Taman Ilmu.

Sugiyono, P. D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV. D.

Sugiyono ,2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tambunan, A. P. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PDAM Tirta Nchio Sidikalang). Jurnal Ilmiah Methonomi, Vol.2 No.2.

https://bakri.uma.ac.id. Diakses pada 8 Mei 2023

htts://peraturan.bpk.go.id. Diakses pada 8 Mei 2023

https://pdamgowa.co.id. Diakses pada 10 Juni 2023

Abadi, M. S. (n.d.). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Ilmiah Ekonomi Manajemen (JIEM), Vol.13 No., 24.

Darsina. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keupuasan Pelanggan Pada (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa. Manajemen.

Firman Risdiyanto, Hasnawi Haris, Muh Nur Yamin, Muhammad Guntur, A. A. (2022). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Pada Kantor PDAM Tirta Jeneberang Gowa. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (JADBISFISH), Vol.1, No., 29–34.

Khatima, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Prima Unggul Global (Tours & Travel) di Kota Makassar. Manajemen.

Lilik Triana, Diah Pranitasari, S. Z. M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan D’BESTO MANGUN JAYA 2 TAMBUN SELATAN). STEI Ekonomi, Vol 26, No.

Mappaosdang, K. (2019). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa. Admistrasi Negara.

Nur Magfirah Mukti, Haedar Akib, Sirajuddin Saleh, Risma Niswaty, A. B. (2022). The Effect of Quality of Service on Customer Satisfaction on PT. PLN (Persero) Rayon Soppeng Regency. Pinisi Business Administration Review (PBAR), Vol. 4, No, 7–12.

SAMSINAR. (2021). Analisis Dampak Tarif Air dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Palopo. Ekonomi.


Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 0 times PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.