Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Danau Matano di Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur

Nurhidayah Nurhidayah(1*), Muh Nasrullah(2), Aris Baharuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v3i1.58805

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tarik wisata pada danau matano, untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung danau matano, dan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan pengunjung danau matano. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di desa Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengunjung Danau Matano pada tahun 2019 sampai dengan 2021. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variabel tersebut menunjukkan variabel daya tarik wisata berada pada kategori baik. Indikator pada variabel kepuasan pengunjung berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan uji korelasi terjadi hubungan yang tinggi diantara kedua variabel tersebut. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik wisata terhadap kepuasan pengunjung Danau Matano Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur.

 

Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Kepuasan Pengunjung


Full Text:

PDF

References


Achmad, A. (2017). Membangun Ekowisata Alam Liar. Pusat kajian media dan sumber belajar LKPP Universitas Hasanuddin. Makassar.

Aprilia, E. R. (2012). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Administrasi Bisnis, 51, 169.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arjana, I. G. B. (2017). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Depok: Rajawali.

Baharuddin, A., Kasmita, M., & Salam, R. (2016). Analisis Kepuasan Wisatawan terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogyakarta. Administrasi, 3 No 2, 109.

Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D., & Wanhill, S. (1993). Tourism Principles & Practice. England: Longman Group Limited.

Crosby, P. B. (1979). Quality is Free, The Art of making Quality Certain. New York: McGraw Hill Book Co.

Damanik, J., Weber, H. F., & Sigit Suyantoro, F. (2006). Perencanaan ekowisata: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Fandeli, C., & Muhammad. (2009). Prinsip-prinsip Dasar Mengkonservasi Lanskap. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, P. (2005). Pemasaran Pariwisata: Studi Empiris Tentang Kepuasan dan Kunjungan Berkelanjutan. Disertasi Program Studi Manajemen Pascasarjana Universitas Indonesia.

Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta: CAPS.

Hasanuddin, M. (2019). Analisis Fasilitas Pariwisata Di Museum Angkut Kota Batu Bagi Pengunjung Penyandang Disabilitas. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 72(2), 138–147.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Widisarana Indonesia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (Edisi 14). Jakarta: Erlangga.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riswandi, M. (2021). Pengaruh Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Sangadji, E.M, dan Sophia. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Soekadijo, R. . (2003). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gremedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahadat, E. (2005). Faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan di Taman Nasional Gede Pangrango. Jurnal Manajemen.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian (Edisi 4). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tentang Kepariwisataan.

Wirawan, M. A. (2018). Analisis Kepuasan Wisatawan terhadap Perkembangan Pariwisata di Simarjarunjung Kabupaten Simalungun. Sumatera Utara.

Yoeti, O. A. (2008). Ekonomi Pariwisata Introduksi, Informasi, dan Aplikasi. Jakarta: Kompas.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.