Hambatan dan Kelemahan Jasa Pengiriman Logistik Indonesia Ke Luar Negeri

Aulia Wahyu Damayanti(1*), Mega Salsabila(2), Alin Agnia(3), Kania Monika(4), Ricky Firmansyah(5),

(1) Universitas Teknologi Digital, Bandung
(2) Universitas Teknologi Digital, Bandung
(3) Universitas Teknologi Digital, Bandung
(4) Universitas Teknologi Digital, Bandung
(5) Universitas Teknologi Digital, Bandung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i2.46690

Abstract


Strategi perusahaan untuk bisa memperluas target pasar dan juga mendapatkan bahan baku guna kebutuhaninti perusahaan pastinya memerlukan distribusi kegiatan Ekspor dan impor, selain merupakan salah satu strategi yang bisa membantu proses pemasaran, juga merupakan salah satu strategi dalam mendapatkan bahan kebutuhan produksi bagi perusahaan itu sendiri. Pada proses transaksi bisnis perusahaan dari impor dan ekspor pastinya memerlukan tranfortasi yang membantu operasional berjalannya distribusi tersebut. Proses import dan ekspor nya bisnis internasional membutuhkan jasa logistic sebagai perantara pengiriman, baik itu dokumen, produk, bahan, maupun sesuatu yang dibutuhkan antara kedua belah pihak perusahaan dari dalam negeri maupu dari luar negeri. Karena perkembangan logistic di Indonesia menurun, peneliti ingin mengetahui hambatan, kelemahannya beserta ancamannya. Penelitian ini merupakan study literature review yang berisikan informasi mengenai hambatan dan kelemahan pengiriman jasa logistic Indonesia ke Luar Negeri. Peneliti mengumpulkan data dari penelitian terdahulu dan me-review point penting di dalamnya. Peneliti melakukan Pencarian data melalui aplikasi Publish or Perish guna mendapatkan Data Base Google Scholar. Kriteria pencarian publikasi di mulai dari tahun 2018 hingga tahun 2023. Hasil Penelitian ini ditemukan hambatan yang banyak ditemukan di lapangan saat pihak logistik ingin melakukan pengiriman barang.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. H., & Firmansyah, E. A. (2018). Suatu Tinjauan Atas Prosedur Penerimaan Barang Impor Dari Pelabuhan Muat Dengan Status Peti Kemas Full Container Load (Fcl). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5 (1), 38–48. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i1.19148

AN, C., Maulana, G., & Rizaldi, W. (2019). Formulasi Strategi Bisnis Untuk Pengiriman Ekspor Udara. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 5(3), 339–352.

Anggraeni, S. M., & Rachmawati, D. (2022). Analisis Penanganan Kargo Pt. Angkasa Pura Logistik Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Jawa Timur. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 01(4), 681–685.

Buana, A. A., Alfaudi, R., & Rante, J. Z. (2018). Perbandingan Antara Pencapaian Angkut Dengan Standar Kapasitas Angkut Ekspor ( Studi Pada Pt . Comparison Between Transport Achievement With Export Transport Capacity Standards ( Study At Pt . Angkasa Adibayu Buana ). 04(01), 1–7.

Fenora, C., Bhirawa, W. T., Sumartono, B., Arianto, B., Studi, P., Industri, T., Dirgantara, U., & Suryadarma, M. (2022). Analisis sistem dan prosedur impor produk elektronik life good (lg) incoterm cip dengan menggunakan pendekatan dmaic pada pt. pantos logistik indonesia cibitung jawa barat. 13–19.

Ginny, P. (2019). Analisis Strategi Bersaing Perusahaan Yang Bergerak di Bidang Logistik di Jakarta. 2.

Hernawan A., Tamba, Y. T., Rifni, M. (2018). Strategi Pemasaran & Pemasaran Jasa. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL), 5(1), 41–50.

Istiyanto, B., Soimun, A., Navianti, D. R., Rupaka, A. P. G., Rupaka, A. P. G., & Sadri, P. D. A. (2022). Analisa Pengambilan Keputusan Incoterms 2020 pada Perusahaan Jasa Pengiriman. Jurnal Teknologi Transportasi Dan Logistik, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.52920/jttl.v3i1.49

Nansi, M. R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Jasa Pengiriman Barang (Studi Kasus Pada DPL Translogistics). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 317–324.

Nasution et al. (2022). Distribusi Pasar Luar Negeri. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 3, 999–1005.

Ningrum & Irawan, D. H. (2019). STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT DALAM KEGITAN EKSPOR IMPOR SEBAGAI UPAYA PERLUASAN RUANG LINGKUP PEMASARAN DI PT. MUSTIKA ALAM LESTARI TAHUN 2018. Kemaritiman Dan Transfortasi, 8(5), 55.

Ridwan, R., Saputra, M. A., & Indriyati, R. (2020). Penerapan Logistik 4.0 dalam Pendistribusian Barang Produksi PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. Cilacap. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 160–167.

Rosyidi, E & Yuselin, N. (2023). Standarisasi Kerja Dalam Mengurangi Barang Retur Pada Sub Divisi Mobil Box Sunter PT Dunia Express Transindo. KALANDRA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02, 21–29.

Sari, K. S. (2018). TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PROSEDUR LAYANAN POS UNTUK BARANG KENA PAJAK DAN ATAU BEA CUKAI DI KANTOR POS BATAM CENTRE. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(1), 107–118.

Sudarsono, D. P. (2022). Hasil Investigasi Ombudsman Indonesia Tentang Dwelling Time di Empat Pelabuhan Besar Indonesia. Binamulia Hukum, 11 (1), 43–58. https://doi.org/10.37893/jbh.v11i1.671

Susilo, R., Rofiq, M., Pratama, D., & Utami, P. (2020). Pengendalian Dokumen Impor : Sebuah Upaya Mencegah Keterlambatan Penyelesaian Proyek kapal di PT PAL Indonesia (Persero) Surabaya. Dinamika Bahari, 1(2), 129–140. https://doi.org/10.46484/db.v1i2.209

Syahrizal et al. (2022). Analisis Proses Penanganan Impor Melalui Freight Forwarder Pada PT. Surya Cemerlang Logistik. Jurnal Administrasi Bisnis & Entrepreneurship, 2(1), 681–692.


Article Metrics

Abstract view : 703 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.