Pengaruh Online Custumer Review dan Rating terhadap Kepercayaan Pembelian Produk Kecantikan pada Online Shop Shopee (Studi pada Konsumen Perempuan di Kota Makassar)

Qalby Afif(1*), Haedar Akib(2), Aris Baharuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i2.46279

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh online Costumer review dan rating terhadap Kepercayan pembelian Produk kecantikan pada online Shop Shopee baik secara simultan maupun secara parsial dimana Konsumen Perempuan di Kota Makassar menjadi objek Penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pengumpulan data primer (kuisioner dan observasi) dan pengumpulan data sekunder (kajian pustaka dan dokumentasi). Sampel yang digunakan yaitu sampel yang dirumuskan oleh Slovin dengan tingkat kepercayaan 90 persen sampel, yaitu sebanyak 100 Responden. Data diperoleh dari hasil penelitian yang diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan bantuan program perangkat lunak SPSS versi 25 yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas terhadap instrumen  Penelitian serta teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial terhadap data yang telah diperoleh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan untuk setiap variabel menunjukkan bahwa variabel online Costumer Review dan rating berpengaruh secara signifikan terhadap Keprcayaan pembelian Konsumen produk kecantikan pada belanjan Online di marketplace Shopee. Hal itu dibuktikan Berdasarkan uji korelasi serta uji T dan Uji F serta uji Kofisien Determinasi terhadap data yang telah diperoleh.


Full Text:

PDF

References


Almana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The impact of electronic word of mouth on consumers purchasing intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(2), 183–193.

Ananda, A. F., & Wandebori, H. (2016). The impact of drugstore makeup product reviews by beauty vlogger on youtube towards purchase intention by undergraduate students in Indonesia. ICEBESS (International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science) Proceeding, 1, 264–273. https://eprints.uny.ac.id/41794/1/22 Azka Faranisa Ananda.pdf (accessed 13 July 2020)

Ardyanto, D. (2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online ( Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com ). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1), 1–8.

Dama, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang MemengaruhiMinat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer Di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 503–514.

Daulay, N. (2020). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee (studi pada masyarakat kecamatan medan labuhan). Skripsi Universitas Sumatra Utara, 28–30.

Eun-Ju Lee, S. Y. S. (2014). When do consumers buy online product reviews? Effects of review quality, product type, and reviewer’s photo. Computers in Human Behavior, 31, 356–366. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0747563213004007

Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, M. (2016). Pengaruh online customer review rating terhadap kepercayaan place di indonesia. 5(2).

Gunawan, I. (2017). Pengantar Statistika Inferensial (1st ed.). Rajawali Pers.

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer Behaviour:Building Marketing Strategies. www.mhhe.com

Khammash, M. (2008). Electronic Word-of-Mouth: Antecedents of Reading Customer Reviews in On-line Opinion Platforms: A Quantitative Study from the UK Market. IADIS International Conference WWW/Internet 2008, 77–84.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsi Pemasaran (Wisnu Chandra Kristiaji (ed.); 8th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas (S. . Adi Maulana & M. M. Wibi Hardani (eds.); 1st ed.). Penerbit Erlangga.

Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.lazada.co.id).

Moe, W. W., & Schweidel, D. A. (2012). Online product opinions: Incidence, evaluation, and evolution. Marketing Science, 31(3), 372–386. https://doi.org/10.1287/mksc.1110.0662

Purnomo, S. D., Serfiyani, C. Y., & Hariyani, I. (2013). Buku Pintar Bisnis Online & Transaksi Elektronik. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (16th ed.). Alfabeta.

Suhir, M., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE ( Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1).

Tatang, M., & Mudiantono. (2017). The Impact of Website Design Quality, Service Quality, and Enjoyment on Repurchase Intention Through Satisfaction and Trust Bachelor Thesis Economics and Business Faculty. Diponegoro Journal Ofmanagement, 6(5), 1–11.

Zan Mo, Yan-Fei Li, P. F. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management. https://www.scirp.org/(S(lz5mqp453edsnp55rrgjct55))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1507363


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.