Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembeli Sepatu Compas Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial & Hukum Universitas Negeri Makassar

Ahmad Resa(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i1.44217

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian sepatu Compass pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial & Hukum Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 505 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan rumus Slovin, yang dikerucutkan sebanyak 84 orang. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis deksriptif bahwa variabel Ekuitas Merek berada pada kategori sangat baik dengan indikator yang mendukung yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Untuk variabel Keputusan Pembelian berada pada kategori sangat tinggi, sebagian besar memilih setuju pada indikator produk pilihan, merek pilihan, penentuan saat pembelian, dan situasi saat pembelian. Berdasarkan uji koefisien determinasi nilai R2 berada pada interval sangat tinggi yang artinya Ekuitas Merek berpengaruh sangat tinggi terhadap Keputusan Pembelian sepatu Compass pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial & Hukum Universitas Negeri Makassar.

 


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2013) Membangun Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Alma, B. (2013) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arief, A. M. (2019) Indonesia Produksi 1,41 Miliar Pasang Sepatu Setahun, ekonomi.bisnis.com. Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190503/257/918391/indonesia-produksi-141-miliar-pasang-sepatu-setahun (Accessed: 30 December 2021).

Buil, I., Martínez, E. and de Chernatony, L. (2013) ‘The influence of brand equity on consumer responses’, Journal of Consumer Marketing, 30(1), pp. 62–74. doi: 10.1108/07363761311290849.

Etikan, I. and Bala, K. (2017) ‘Sampling and sampling methods’, Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), p. 149.

Ferrinadewi, E. (2008) Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasmiati et al. (2020) The Effect of Brand Image and Price on Product Purchase Decisions at the Sewing House Akkhwat Makassar, Pinisi Business Administration Review. Universitas Negeri Makassar.

Kolter, P. and Amstrong, G. (2010) Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga Jakarta.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2012) Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, B., Sutrisno and Damayanti, L. (2020) ‘Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi Pada Mahasiwa Perguruan Tinggi Di Kabupaten Kendal)’, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi.

Pane, O. B. M. S. and Rini, E. S. (2011) Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek Kingston Amik Mbp Medan, Jurnal Ekonom. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2010) Pemasaran Strategik : Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja. Bogor: IPB Press.

Tjiptono, F. (2012) Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Tresna, P. W., Chan, A. and Herawaty, T. (2021) ‘The Effect Brand Equity On Purchase Decisions (Study On Shoppe Consumer)’, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.