PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS DROP POINT TAKKALALA DI KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Tasia Aprilia(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i1.43847

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan J&T Express. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan pada jasa pengiriman J&T Express, untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman J&T Express, dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan J&T Express. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Sumber data dalam penelitian adalah pelanggan J&T Express Drop Point Takkalala pada bulan April sampai Juni 2021. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data berupa uji normalitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji T, analisis koefisien korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variable tersebut menunjukkan dimana kualitas pelayanan berada pada kategori sangat baik. Indikator pada variabel kepuasan pelanggan berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan uji korelasi terjadi hubungan yang sangat tinggi diantara kedua variable tersebut. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kealitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan J&T Express Drop Point Takkalala di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.


Full Text:

PDF

References


Ayuni, B. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menabung Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Panakkukang Unit Borong. Manajemen Bisnis.

Baharuddin, A., & Sunarsi, D. (2019). Pinisi Discretion Review The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. Pinisi Discretion Review, 2(2), 101–110.

Damiati, dkk. (2017). Perilaku Konsumen. Rajawali Pers.

Darmidi, S. (2011). Perilaku Konsumen. Rajawali Pers.

Daryanto dan Setyobudi, I. (2014). Konsumen Dan Pelayanan Prima (Bintoro (ed.)). Penerbit Gava Media.

Eko Setyaningsih, B. (2010). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Penumpang Pesawat Terbang Di Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Express, J. (2015). J & T Express Indonesia. 1–18.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92

Hasby, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen Jne Express Agen Pangkalan Mansyur. Universitas Negeri Makassar.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Wisnu Chandra Kristiaji (ed.); 8th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas (S. . Adi Maulana & M. M. Wibi Hardani (eds.); 1st ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., Susanto, A. ., & Hermawan, A. A. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Salemba Empat.

Nurcaya, I. N., & Indri, Novita Sari Putri, K. (2011). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan D & I Skin Centre Denpasar. Ilmu Ekonomi, 918–937.

Nurendah, Y., & Mulyana, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 93–112. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.258

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Analisis Manajemen, 1(4).

Riswandi, M. (2021). Pengaruh Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Sajangbati, I. A. S. (2013). Motivasi, Disiplin, Dan Kepuasan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Bitung. Ekonomi , Manajemen, Bisnis, 1(4), 667–678.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Andi Offset.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (16th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Susita, D. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Pada Kinerja Karyawan PT X. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(1), 185–200.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). Kencana Prenada Media Group.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4 (4th ed.). Andi Offset.

Tjiptono, F. dan D. A. (2019). Kepuasan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, Dan Strategi (A. Diana (ed.)). Penerbit ANDI.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. PT Raja Grafindo Persada.

Yuliarmi, N. N., & Riyasa, P. (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pdam Kota Denpasar. Ilmu Ekonomi, 12, 9–28.


Article Metrics

Abstract view : 526 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.