PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TERMINAL PETIKEMAS MAKASAR PT. PELINDO IV (PERSERO)

Deswita Maharani(1*), Hasnawi Haris(2), Muh Rizal S(3), Sirajuddin Saleh(4), Andi Aslinda(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i1.43601

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) Beban Kerja pada Terminal Petikemas Makassar PT. Pelindo IV (Persero), (2) Kinerja Karyawan pada Terminal Petikemas Makassar PT. Pelindo IV (Persero), (3) Pengaruh Beban Kerja pada Terminal Petikemas Makassar PT. Pelindo IV (Persero). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 125 karyawan dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 50 karyawan. Dari hasil pengolahan data untuk variabel beban kerja diperoleh nilai 79,4 persen, sehingga dapat disimpulkan bahwa beban kerja pada Terminal Petikemas Makassar PT. Pelindo IV (Persero) IV masuk dalam kategori tinggi. Hasil pengolahan data untuk variabel kinerja karyawan diperoleh nilai 81,1 persen maka dapat disimpulkan bahwa kinerja Karyawan pada Terminal Petikemas Makassar PT. Pelindo IV (Persero) masuk dalam kategori sangat tinggi. Dari hasil analisis koefisien korelasi maka diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,721, sehingga dapat disimpulkan bahwa beban kerja berkorelasi dengan tingkat korelasi kuat/tinggi antara beban kerja terhadap kinerja karyawan pada Terminal Petikemas Makassar PT. Pelindo IV (Persero).


Full Text:

PDF

References


Ahmad, K. (1996). Dasar-dasar Manajemen Investasi. Rineka Cipta.

Christi, S. ul hasan, & Dkk. (2010). Impact of participative Management on employee Job Satisfaction and Performance in Pakistan. Academic.

Gibson, Ivancevich, Donnely, & Konopaske. (1993). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses (Djarkasih (ed.); 7th ed.). Erlangga.

Hannani, A. (2016). Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan, Fasilitas Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Perawatan Mawar Lantai II Rumah Sakit Umum Wisata UTT Makassar. Mirai Manajemen.

Lisnayetti, & Hasanbasri. (2006). Beban Kerja dan Kinerja Dosen Poltekes. PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. P. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.

Mufid, & Wahyuningtyas. (2016). Pemetaan Kebutuhan SDM Berdasarkan Analisis Beban Kerja (ABK) dan Mutu Layanan Perpustakaan di Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Libraria, 4.

Munandar. (2012). Psikologi Industri dan Organisasi. UI Press.

Pio, R. J. (2015). Kepemimpinan Spiritual: Dimensi-dimensi Sumber Daya Manusia. Kepel Press.

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai. Graha Ilmu.

Sinambela, L. P. D. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. BumiAksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Warr. (2002). Psychology At Work. 5th Ed. (Penguin Books (ed.)). England.

Wibowo. (2010). Manajemen Kerja. Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 180 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.