Strategi Pemasaran Pariwisata Pada Objek Permandian Air Panas Lejja Kabupaten Soppeng

Dandi Aditama Risaldi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i3.38221

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pariwisata pada  pada objek permandian air panas lejja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik trangulasi dan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada objek wisata Permandian Air Panas Lejja membentuk beberapa segmen pasar. Berdasarkan segmentasi demografis diketahui bahwa Objek Pariwisata Permandian Air Panas Lejja memiliki segmentasi kelompok usia anak-anak dan dewasa yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk segmnentasi geografi, saat ini terbagi atas pengunjung yang berasal dari dalam dan luar Kabupaten Soppeng. Adapun untuk segmentasi Psikografisnya, segmentasinya lebih menyasar mereka yang merupakan seorang pekerja kantoran. Dari pembagian segmen pasar tersebut maka dilakukan penentuan pasar sasaran (targeting). Maka diperoleh hasil bahwa pasar potensial yang perlu dijadikan sebagai pasar asaran adalah yang mereka berusia 18 tahun e atas dan berasal dari luar Kabupaten Soppeng. Hal ini didukung oleh data yang diperoleh di mana mayoritas pengunjung adalah orang dewasa dan berasal dari luar Kabupaten soppeng. Adapun dalam hal positioning, Permandian Air Panas Lejja menjadikan air panas yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit dan rematik sebagai keunggulan mereka dibandingkan permandian lainnya yang ada di Soppeng dan sekitarnya. Selain itu kondisi alam yang masih indah dan terjaga mampu menjadi media pengobatan alami untuk menghilangkan stress. 

 


Full Text:

PDF

References


Aliyanti, Tika Novi. 2019. “Implementasi Strategi STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) Di PT. Mina Wisata Islami Surabaya.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 8(5): 55.

Amstrong, Gary, and Kotler Philip. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran.Jilid I. eds. Alexander Sindoro and Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Arif, Yusuf Hamali. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ary Widiastini, Ni Made. 2015. “Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 1(1): 1–19.

Assauri, Sofjan. 2011. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta Manajemen Pemasaran Dasar Konsep Dan Strategi.

Bryson, John M. 2011. Perencanaan Strategis. Yogyakarta.

Charles Hofer, Higgins. 1985. Pengambilan Keputusan Stratejik: Untuk Organisasi Public Dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo.

Daraba et al. 2018. Strategi Tata Kelola Dalam Penerapan Kebijakan Transportasi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Resiko : Teori Kasusu Dan Resiko. Bandung: Alfabeta.

Fandeli, C. dkk. 2000. Pengusahaan Ekowisata. Yogyakarta: Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Ghony, M. Djunaidi; Almanshur, Fauzan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. ed. Rina Tyas Sari. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunardi, Gugun. 2010. “Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir, Kota Tangerang.” Planesa 1(1): 28–35.

Guswan. 2020. “Strategi Pengembangan Pariwisata Kawasan Tanjung Bira Padadinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba.” Universitas Hasanuddin Makassar.

Happy, Marpaung. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Jemsly, Hutabarat, and Martini Huseini. 2006. Pengantar Manajemenn Stratejik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip; Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

———. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

———. 2018. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Makmur & Saprijal. 2015. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian).” Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 3(1): 41–56.

Manafe, Janri D., Setyorini Tuty, and Yermias A. Alang. 2016. “Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni Dan Budaya (Studi Kasus Di Pulau Rote Ntt).” Politeknik Negeri Kupang.

Munadiah, Syahra. 2021. “Pengelolaan Wisata Permandian Air Panas Lejja Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Dan Perekonomian Masyarakat.” Siyasatuna 3(2).

Nur, Andi Cudai. 2013. Kemitraan Pendidikan Perguruan Tinggi: Pengalaman Universitas Negeri Makassar. Yogyakarta: PT Leutika Nouvaliteri.

Oktosilva, Andri. 2018. “Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata Di Tana Toraja.” Universitas Hasanuddin Makassar.

Priansa, Donny Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rudi. 2021. “Pemandian Air Panas Lejja, Sumber Mata Air Panas Ajaib.” Nativeindonesia.com. https://www.nativeindonesia.com/pemandian-air-panas-lejja/.

Salusu, J. 1996. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publikan Organisasi Non Profit. Jakarta: PT. Grasindo.

Sastradipoera, Komaruddin. 2003. Manajemen Marketing; Suatu Pendekatan Ramuan Marketing. Bandung: Kappa Sigma.

Setiyaningrum, Ari ; Udaya, Jusuf ; Efendi. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran Plus Tren Terkini. 1st ed. ed. Maya. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Triton PB. 2008. Marketig Strategic Meningkatkan Pangsa Pasar Dan Daya Saing. Yogyakarta: Tugu.

Umar, H. 2001. Strategic Management In Action, Konsep, Teori, Dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, Dan Wheelan-Hunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Muhammad Hidayat. 2020. “Pengembangan Objek Wisata Alam Lejja Dalam Meningkatkan Pendapatan Retribusi Wisata Di Dinas Pariwisata, Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Soppeng.” Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifin, and . Sunarti. 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo).” Jurnal Administrasi Bisnis 29(1): 59–66.


Article Metrics

Abstract view : 188 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.