Strategi Bauran Pemasaran Melalui Analisis Swot pada Industri Garam Lokal di Kelurahan Pallengu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto

Ardesi Ardesi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i3.37785

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran serta faktor penghambat dan pendukung pada industri garam lokal di Kelurahan Pallengu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis model interaktif dan analisis SWOT.  Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran pada Industri garam lokal meliputi produk dibagi menjadi dua jenis kualitas, harga bersifat sementara, tempat yang strategis serta promosi yang masih tradisional. Identifikasi faktor penghambat meliputi: keterampilan petani garam dalam teknologi masih rendah, pemasaran masih belum optimal serta ancaman garam impor dari luar daerah. Faktor pendukung meliputi: petani garam sudah berpengalaman, tempat yang strategis, teknologi yang semakin canggih, serta peluang untuk memperluas pasar. 

 


Full Text:

PDF

References


Adinda, C. (2020). Ternyata RI Impor Garam 2,6 Juta Ton di 2019. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200115175230-4-130281/ternyata-ri-impor-garam-26-juta-ton-di-2019

Alma, B. (2005). Manajemen dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran: dasar, konsep, dan strategi. PT. Grafindo Persada.

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran (Marketing Management). PT Rajagrafindo.

Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

David, F. R. (2011). Strategic Management (12th ed.).

Efrem, S. (2020). Benarkah Garam Lokal Kalah Kualitas dari Impor? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200114183411-4-130018/benarkah-garam-lokal-kalah-kualitas-dari-impor

Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Ghalia Indonesia.

Impor Garam Menurut Negara Asal Utama, 2010-2019. (2020). BADAN PUSAT STATISTIK. https://www.bps.go.id/statictable/2019/02/14/2013/impor-garam-menurut-negara-asal-utama-2010-2019.html

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran: Edisi Millenium Jilid Satu. Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. 1–63.

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran modern. Cakra Ilmu.

Maulana Arif, H. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Mobil Merk Toyota Innova pada PT Hadji Kalla Cabang Alauddin di Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis. Graha Ilmu.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2015). Teknik Membedah Analisis SWOT. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis ANALISIS SWOT. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rivai, A., & Prawironegoro, D. (2015). Managemen Strategis. Mitra Wacana Media.

Rohmanudin. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Pada Industri Mebel di Kecamatan Wayhalim Kota Bandar Lampung). Universitas Lampung.

Sehe, M. (2020). DKP SulSel Keluhkan Harga Garam yang Belum Normal. Sindonews.Com. https://makassar.sindonews.com/berita/45520/3/dkp-sulsel-keluhkan-harga-garam-yang-belum-normal#:~:text=Data yang dihimpun SINDOnews%2C produksi,yang hanya mencapai 86.712 ton.

Siagian, S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Bumi Aksara.

Sugi, P. (2018). Perencanaan Strategis : Arti, Konsep, dan Prosesnya. https://cpssoft.com/blog/manajemen/perencanaan-strategis-arti-konsep-proses/

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Penelitian. https://doi.org/10.1021/ol7029646

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R&D 2008. In Alfabeta. https://doi.org/2008

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (Edisi 3). Andi Offset.

Zevi, I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk pada PT Proderma Sukses Mandiri. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.


Article Metrics

Abstract view : 240 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.