Faktor-Faktor Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) TBK, Kantor Cabang Mattoangin

Noor Fazila(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i2.35933

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan dan faktor yang paling dominan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Mattoangin., ditinjau dari dimensi Gaji/upah, Promosi, Supervisi, Tunjangan-tunjangan, Penghargaan, Peraturan atau prosedur, Rekan kerja, Pekerjaan itu sendiri, dan Komunikasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian secara deskriptif dengan pendekataan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dari kesembilan indikator yang digunakan untuk menganalisis kepuasan kerja karyawan secara keseluruhan, bahwa karyawan sudah sangat puas dengan gaji/upah, promosi, supervise, tunjangan-tunjangan, penghargaan, peraturan, rekan kerja, pekerjaan itu sendiri dan komunikasi yang diterima. Artinya PT. Bank Negara Indonesia (Persoro) Tbk. Kantor Cabang Mattoangin, sudah memenuhi kebutuhan karyawan sehingga dalam bekerja karyawan merasa nyaman dan puas akan pekerjaannya. Adapun indikator yang paling dominan dalam kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Mattoangin yaitu gaji/upah, promosi, Tunjangan-tunjangan, penghargaan. Karena dengan renumerasi financial yang diterima dan sesuai dengan harapan mereka yang berdasarkan tuntutan kerja, tingkat keterampilan serta pengalaman yang dimilikinya serta dengan memberikan penghargaan saat karyawan mencapai target menyelesaikan pekerjaan pada waktunya akan membuat karyawan merasa dihargai.


Full Text:

PDF

References


Bahri, S., & Nisa, Y. C. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Manajemen dan Bisnis.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Diasmoro, O. (2017). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Kerja Karyawan Dewasa Awal bagian Produksi PT. Gangsar Tulungagung. 05(01), 107–125.

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkomfleksi. Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

Handoko, T. H. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

Hasibuan, M. (2011). Manajemen Sumber daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara.

Hovland, J., & Kelly. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi. PT. Tunas Jaya Lestari.

Imam Gunawan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik (Cet. Ke-3). Bumi Aksara.

Marbun, M., Sagala, J. R., & Rahayu, D. P. (2018). Menentukan kelayakan tunjangan kesejahtraan pegawai menggunakan metode AHP. STMIK Pelita Nusantara.

Mei Sapita Tri Andini. (2015). Hubungan antara Aspek Penghargaan dengan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RUSD Muntilan.

Muwafik, M. F. (2013). Terhadap Kepuasaan Kerja Karyawan Bagian Produksi PT. Euro Design Semarang.

Nurul Jihan Pratiwi. (2019). Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pwgawai Pada Bagian Sekretariat Badan pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Negeri Makassar.

Rivai, Velthzal dan Sagala, E. J. (2013). Manajemen Sumber Daya manusia Untuk Perusahaan (R. Wali (ed.)).

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Sipil (Ed. Revisi). PT Refika Aditama.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN.

Sinambela, L. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke). PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cet. Ke-28). Alfabeta CV.

Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (Cetakan Ke). PT Refika Aditama.

Sunyoto, D. (2013). Manajemen sumber daya Manusia (Caps (ed.); Cet. Ke-2).

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada.

Wardani, M. T., Wagimin, I., & Subarno, A. (2013). Analisis Faktor-faktor Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Solo. Prodi Ekonomi BKK Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yunus, A. (2013). Pengaruh Disiplin kerja, Motivasi, Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Studi pada PT. Bumi Barito Utama Cabang Banjarmasin. 167–190.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.