Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap Minat Belanja pada Aplikasi Shopee di Tingkat Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar

Indah Tri Ayu Mustika(1*), Firman Umar(2), Risma Niswaty(3), Muhammad Guntur(4), Aris Baharuddin(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i2.35930

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap minat Mahasiswa untuk melakukan pembelian pada aplikasi Shopee, dan bagaimana penggunaan Electronic Word Of Mouth (EWOM) bagi Mahasiswa di tingkat Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 395 Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 80 Mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS.25 yang terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis deskriptif persentase, analisis linear sederhana dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Electronic Word Of Mouth (EWOM) pada Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 dalam kategori baik, dan (2) untuk aksesibilitas Electronic Word Of Mouth oleh Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 termasuk kategori baik. Berdasarkan data tersebut maka tingkat hubungan dalam kategori tinggi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap minat belanja pada Mahasiswa di tingkat jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dengan nilai koefisien korelasi yaitu 0,746 dan nilai koefisien determinasi sebesar 55,7 persen.


Full Text:

PDF

References


Adi, R. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Granit.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minat Beli Belanja Online. Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(02), 15.

Arista, E., & Astuti, S. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1),36604.

Astina. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Belanja Konsumen di PB Swalayan 21 Kota Metro. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Azizah, B. . (2019). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Kemudahan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas FEBI Jurusan Ekonomi Syariah Tahun Akademik 2018-2019 UIN SMH Banten). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Budianto, D. A. (2015). Manajemen Pemasaran. Penerbit Ombak.

Cahyono, F. ., & Kusumawati, A. (2016). Analisis Faktor-faktor Pembentuk Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Survei pada Followers Akun Instagram @saboten_shokudo). Administrasi Bisnis, 37(1).

Eriza, Z. N. (2017). Peran Mediasi Citra Merek dan Persepsi Risiko pada Hubungan antara Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Minat Beli (Studi pada Konsumen Kosmetik E-Commerce di Solo Raya). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 9(1), 14–24.

Faza, M. A. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Merek (Studi Pada Smartphone Xiaomi di Kota Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Gassany, S. P. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( Ewom ) Terhadap Intensi Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Muda Melalui Media Online (Issue January).

Indrianto, F. (2015). Worry Marketing: Strategi Pemasaran Berbasis Kekhawatiran (M. Nasrudin (ed.)). Jalasutra.

Kanitra, A. R. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 Pembeli Produk Oppo Smartphon (Vol. 61, Issue 1) [Universitas Brawijaya].

Kartika, M., & Ganarsih, R. L. (2019). Analisis E-Wom, Online Shopping Experience dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Tepak Manajemen Bisnis, XI(2), 289–307.

Kasali, R. P. D. (2008). Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications. PT. Bentang Pustaka.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Laksmi, A. A., & Oktafani, F. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Beli Followers Instagram pada Warung Upnormal. Junal Computech & Bisnis, 10(2), 78–88.

Liyanti, L. (2018). Pengaruh Persepsi Risiko dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Mandasari, K., & Soesanto, H. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam memilih jasa perhotelan (Studi Kasus pada Hotel Grasia Semarang). Universitas Diponegoro.

Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 139.

Mutmainah, S. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, Electronic Word Of Mouth (EWOM) dan Online Costumer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Konsumen SHopee di Kota Kudus). Muria Kudus.

Paramitha, A. (2007). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Vol. 5, Issue 1983) [Universitas Kristen Maranatha].

Qur’Afidah, A. E. (2020). Pengaruh Website Quality, Electronic Word Of Mouth (EWOM) dan Trust Terhadap Niat Membeli Kembali Pada Aplikasi Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Remaja di Jawa Tengah) (Vol. 2507, Issue Januari). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Resky, G. T. (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tas di Instagram RGFFashion store. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2), 1–12.

Sari, N., Muhammad, S., & Jamaluddin, H. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Bukalapak.com. Manajemen Magister, 3(01).

Sari, V. M. (2012). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) di Social Media Twitter Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Restoran Holycowsteak). In Jurnal FISIP Universitas Indonesia (Vol. 1, Issue 1). universitas Indonesia.

Semuel, H., & Lianto, A. S. (2014). Analisis Ewom, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Manajemen Pemasaran, 8 No. 03(1907-235X).

Sugiyono. (2016). Pengaruh Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85.

Zainal, H. (2017). Influence of Work Motivation and Discipline on Work Productivity, 149(Icest), 25–27.

Zainal, H., Gani, H. A., Guntur, M., & Akib, H. (2019). Micro Enterprises Empowerment Policy in Sidenreng Rappang Regency , Indonesia, 24(1), 39–44. https://doi.org/10.9790/0837-2401053944

Yunan, A. (2017). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Rokok dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Masyarakat Muslim kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.


Article Metrics

Abstract view : 401 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.