STRATEGI POSITIONING DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. PLANET BECKHAM 18 DI KABUPATEN GOWA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i1.35232
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi positioning pada PT. Planet Beckham 18 dalam membangun citra perusahaan di Kabupaten Gowa. Adapun informan dalam penelitian ini adalah marketing PT. Planet Beckham 18, Manager HRD PT. Planet Beckham 18. Suvervisor Purchasing PT. Planet Beckham 18 dan pelanggan PT. Planet Beckham 18. Tekhnik pengumpulan data melalui metode Observasi, metode Wawancara, metode Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Reduksi Data (pengurangan data), Display Data (penyajian data), dan menarik Kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak perusahaan yang melakukan strategi posisi dalam meningkatkan citra sudah mampu meningkatkan citra positif perusahaan dalam benak fikiran pelanggan, berdasarkan penarikan kesimpulan dari wawancara para pelanggan. pada empat bidang yaitu strategi positioning dalam bidang harga dan kualitas ( price or quality), yaitu dengan mengutamakan pelayanan yang baik dan penetapan harga susuai pasar. Produk (produk), menghadirkan berbagai produk jasa komplit untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pesaing (competitor positioning menghadirkan berbagai produk jasa dalam satu tempat yang menjadi pembeda (differensiasi) dan manfaat (benefit positioning) di bidang manfaat yaitu berupa manfaat jasmani dan rohani. Pada PT. Planet Beckham 18 di Kabupaten Gowa telah berhasil meningkatkan posisi brand image dan citra perusahaan di benak pelanggan dan di pasaran persaingan.
Full Text:
PDFReferences
Amirullah. (2015). manajemen strategi teori-konsep-kinerja. Mitra Wacana Media. Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian
Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen pemasaran. gelora aksara pratama. Lesmana, Y. (2017). pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan pembelian
konsumen pt garuda indonesia tbk.
Marzeni, W., Masrin, I., & Sari, M. K. (2013). Analisis Pengaruh Strategi Positioning
Produk Terhadap Citra Merek Pada Konsumen SIM Card simpati PT.Telkomsel di Kota Padang. Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 3–4. https://media.neliti.com/media/publications/29802-ID-analisis-pengaruh-strategi- positioning-produk-terhadap-citra-merek-pada-konsumen.pdf
Moleong, L. j. (2004). metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Prenadamedia Group. Setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). prinsip-prinsip pemasaran pengenalan
plus tren terkini tentang pemasaran global, pemasaran jasa, green marketing,
enterpreneural marketing dan e- marketing. ANDI OFFSET.
Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran teori & konsep. ANDI OFFSET. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Susanti, S. (2016). Pelayanan Administrasi Akademik di Lingkungan Program Studi
Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri
Makassar. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.
Suyanto, M. (2004). Analisis dan desain aplikasi multi media untuk pemasaran. ANDI
OFFSET.
Tjiptono, F. (2015). Pemasaran strategik, mengupas pemasaran strategik, branding
strategy, custumer satisfuction, strategi kompetitif, hingga e-marketing. ANDI
OFFSET.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran strategik, mengupas pemasaran
strategik, branding strategy, custumer satisfuction, strategi kompetitif, hingga e-marketing. ANDI OFFSET.
Winarto, S. (2015). Strategi pengembangan daya tarik wisata museum Balla Lompoa
Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.
Article Metrics
Abstract view : 247 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.