Pengaruh Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Baby Hut Catering MPASI di Kota Makassar

Aqifila Maharani(1*), Hasnawi Haris(2), Herlina Sakawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i3.51489

Abstract


Pengaruh Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Baby Hut Catering MPASI Di Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing Oleh Hasnawi Haris dan Herlina Sakawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pengaruh Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Baby Hut Catering MPASI Di Kota Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan indikator-indikator untuk mengukur variabel tersebut. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah digital marketing dengan indikator context, communication, collaboration, connection, marketing, sales, dan payment. Sedangkan variable pengikatnya adalah volume penjualan dengan indikatornya mencapai volume penjualan, mendapatkan laba, dan menunjang pertumbuhan perusahaan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Baby Hut Catering MPASI Di Kota Makassar. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian produk Baby Hut Catering MPASI Di Kota Makassar yaitu sebanyak 100 pelanggan yang telah diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variabel tersebut menunjukkan dimana digital marketing berada pada kategori sangat baik. Indikator pada variabel volume penjualan berada pada kategori sangat meningkat. Berdasarkan uji koefisien determinasi sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat positif (searah) dan signifikan antara digital marketing dengan volume penjualan.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi Dalam Marcel Dan Astri (2018) Repo.Darmajaya.Ac.Id/2542/6/BAB II.Pdf

Astarina, Yesita. 2020. JAMB (Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis) Pengaruh Promosi Online Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan “Kimi Collection” Kota Pagar Alam. Vol. 1

Fazarriyawan, E. (2020). Analisa Faktor “Faktor E-Commerce dalam membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(1), 311-321.

Indriastuti, P. W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Volume Penjualan Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Pada Pengrajin Tas Dan Koper Di Desa Kludan Tanggulangin-Sidoarjo) (Doctoral Dissertation, STIE Mahardhika).

Laudon Dalam Sarwono Dan Prihartono (2012 : 6), Turban, Lee, King, Chung, 200 Dalam M. Suyanto (2003: 11) Tinjauan Teoritik Tentang E-Commerce, Usaha Kecil, Dan Pertumbuhan Ekonomi Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/10571/5/5_BAB%20II.Pdf

Lestari, L., Ginting, B., & Zaini, O. K. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Volume Penjualan Pada Online Shop Aneka Kemeja Pria Bekasi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 1(2).

Fauzi, Viny Putri. 2016. Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. Vol. 3

Mahmudah, Siti Muslichatul, and Muthia Rahayu. 2020. “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan.” Jurnal Komunikasi Nusantara 2(1):1–9.

Mewoh, Fransilia Marsilina, Johny R. E. Tampi, Danny D. S. Mukuan, Jurusan Ilmu, and Administrasi Bisnis. 2019. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square.” Jurnal Administrasi Bisnis 9(1)

Mursito, Hardian. 2019. Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Ukm (Studi Kasus Di Smesco Jakarta). Vol. 4.

Nurdelila, N. 2021 ”Pengaruh Sistem Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Koperasi Agro Rimba Nusantara (Agrina) Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan”. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 402-412.

Moch, Hari, Dany Purwidiantoro, Kristanto S. W. Fajar, And Widiyanto Hadi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).” Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jurnal Eka Cida 1(1):30.

Reken, Feky, Basri Modding, And Ratna Dewi. 2020. “Tata Kelola Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar.”

Saputra, Gede Wisnu, And I. Gusti Agung Ketut Sri Ardani. 2020. “Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9(7):2596. Doi: 10.24843/Ejmunud.2020.V09.I07.P07.

Saufi, Ahmad, H. Mohammad Zainul, Prihatini Ade Mayvita, Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Fakultas Ekonomi, And Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. 2020 . Analisis Faktor-Faktor

Magfhirah Saleh, Afwa, Firman Umar, Muh Rizal, Maya Kasmita, And Muh Luthfi Siraj. 2021. Factors That Affect Consumers Using The GO-JEK GO-FOOD Feature Aplication (Study On Students Of Makassar State University Faculty Of Social Sciences Business Administration Study Program).

Tungka, Delicia, Michaela M. Lionardo, Sienny Thio, And Vido Iskandar. 2020 . Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia

Wahyuni, Febry Dwi, Novita Sukarni, S. Sari, And M. A. Sos. 2021. “Analisis Penerapan Sistem E-Commerce Pada Umkm (Studi Kasus: Warung Nasi Goreng Mas No Di Jalan Apron Jakarta Pusat).” Jurnal Administrasi Bisnis 1(3):155–68.

Wahyuni, N. I. (2011). Dampak E-Commerce Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kpp Pratama Kota Bandung. Jurnal Akuntansi, 2013.

Setia Wibowo, Bambang, Diaz Haryokusumo, Stie Ykpn Yogyakarta Bambangsetia, And Stie Ykpn Yogyakarta. 2020. “Capital Jurnal Ekonomi Dan Manajemen.”

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 19(2), 198-209.

Prasetiyo, Budi, And Egys Fazarriyawan. 2020. “Analisa Faktor-Faktor E-Commerce Dalam Membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak.” 4(1):2020.

Rufaida, Nabila, And Ama Suyanto. N.D. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce Analysis The Impact Of Digital Marketing Of The Brand Awareness On E-Commerce


Article Metrics

Abstract view : 391 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.