Pengaruh Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Kuliner di Kota Makassar

Khaerul Saputrakarim(1), Muh Rizal S(2*), Aris Baharuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i3.46284

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pengaruh Selebgram Endorsement terhadap Minat Beli produk kuliner di Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah selebgram endorsement dengan indikatornya dapat dipercaya, keahlian, daya tarik, rasa hormat, dan kesamaan. Sedangkan variabel terikatnya adalah minat beli dengan indikatornya adalah perhatian, ketertarikan, keinginan, keyakinan, dan tindakan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengikut akun instagram @fadelaustyn yaitu sebanyak 100 akun instagram yang telah diambil dengan menggunakan rumus slovin. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, analisis data deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variabel yang menunjukkan bahwa variabel selebgram endorsement berada pada kategori sangat baik dan variabel minat beli berada pada kategori baik. Berdasarkan dengan uji korelasi terjadi hubungan sangat tinggi diantara kedua variabel tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara selebgram endorsement terhadap minat beli produk kuliner di kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


Dermawan, Zulrama. 2018. “Peranan Celebrity Endorser Dalam Menarik Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa UIN Alauddin Makassar).”

Goenadhi. 2011. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Banjarmasin.” Jurnal Manajemen Dan Akuntansi 12(2):155–58.

Group, Miniwatts Marketing. 2021. “Top 20 Countries With The Highest Number Of Internet Users.” Facebook, International Telecommunications Union. Retrieved March 4, 2021 (https://www.internetworldstats.com/top20.htm).

Kompas. 2021. “Riset Ungkap Lebih Dari Separuh Penduduk Indonesia ‘Melek’ Media Sosial.” Kompas.Com. Retrieved March 6, 2021

(https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial).

Kotler, Philip. 2009. “Manajemen Pemasaran.” P. 5 in, edited by A. Maulana. Jakarta: Erlangga.

Lucas, Darrel Blaine, and Stuart Henderson Britt. 2011. Advertising Psychology and Research. New York: McGraw-Hill.

M. Royan, Frans. 2014. Marketing Selebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

McCracken, Grant. 1989. “Who Is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement Process.” Journal of Consumer Research 16(3):310–21.

Meldarianda, Resti, Henky Lisan, and U. Kristen. 2010. “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung.” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE) 17(2):97–108.

Ryan, Thomas P. 2013. Sample Size Determination and Power. John Wiley & Sons.

Shimp, Terence A. 2007. Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. 7th ed. Jakarta: University of South Carolina.

Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wikipedia. 2021. “Instagram.” Wikipedia. Retrieved March 6, 2021

(https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram).

Zeren, Deniz, and Nilüfer Gökdağlı. 2020. “Influencer Versus Celebrity Endorser Performance on Instagram.” Pp. 695–704 in Strategic Innovative Marketing and Tourism. Springer.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.