Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek Zero Minasatene di Kabupaten Pangkep

Hesty Rosita(1), Haedar Akib(2), Aslinda Aslinda(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i3.51482

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran harga AMDK Merek Zero Minasatene di Kabupaten Pangkep (2) Gambaran citra merek AMDK Merek Zero Minasatene di Kabupaten Pangkep (3) Gambaran Keputusan Pembelian AMDK Merek Zero Minasatene di Kabupaten Pangkep (4) Pengaruh harga terhadap pembelian air minum dalam kemasan merek Zero Minasatene di Kabupaten Pangkep, (5) Pengaruh citra merek terhadap pembelian air minum dalam kemasan merek Zero, (6) Pengaruh harga dan citra merek secara simultan  terhadap keputusan pembelian AMDK Merek Zero Minasatene di Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Koesioner atau angket dan dokumentasi. Jumlah populasi pada penelitian ini 300 orang dengan mengambil 50 persen sampel sebanyak 150 orang dengan menggunakan teknik probability random sampling. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan SPSS dan analysis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa harga secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan juga citra merek secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara bersama-sama atau simultan harga dan citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Antonius, Ong and Sugiharto. 2013. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya.” Manajemen Pemasaran.

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Edisi 16. edited by D. Angelica. Jakarta: Salemba Empat.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yirma Widya.

Fifyanita, Ghanimata and Mustafa Kamal. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang).” Diponegoro Journal Of Managemen 1(2).

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Husein, umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran,Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip; Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Magfhirah Saleh, Afwa, Firman Umar, Muh Rizal, Hasnawi Haris, and Aris Baharuddin. 2020. “Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan Aplikasi Go-Jek Fitur Go-Food (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Fakultas Ilmu Sosial Prodi Ilmu Administrasi Bisnis ).”

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi Kese. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Prasetijo, R dan Ihalauw, J. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Schiffman, Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. edisi 7. Jakarta: indeks.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratana. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sumarni, Murti and Wahyuni Salamah. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tambunan, Krystia dan Ibnu Widiyanto. 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek,Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto.” Diponegoro Journal Of Manajemen 1(2):58–66.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Empa. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Empa. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.