PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 SENGKANG KABUPATEN WAJO

Nurhayati Nurhayati(1*),

(1) SMPN 3 Sengkang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9657

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo melalui penggunaan media kartu bergambar. Data diperoleh melalui dua instrumen yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Data tentang aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif, serta hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif.Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 69,46 dari nilai ideal 100 dengan persentase siswa pada kategori sangat baik yaitu 0% sedangkan 38,46% atau 10 siswa termasuk dalam kategori baik, 50,00% atau 13 siswa pada kategori sedang, 11,54% atau 3 siswa pada kategori rendah dan 0% pada kategori sangat rendah. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa 79,04 dari nilai ideal 100 dengan frekuensi pada kategori sangat baik berjumlah 4 siswa atau 15,38%, sementara 53,85% atau 14 siswa pada kategori baik, 30,77% atau 8 siswa pada kategori cukup, dan 0% pada kategori rendah dan sangat rendah. Berdasarkan analisis kuantitatif pada hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan  hasil belajar biologi dari siklus I ke siklus II sebesar 9,58%. Hasil tersebut menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 3 Sengkang.

Full Text:

PDF

References


Achsin, A. 1985. Media Pendidikan. IKIP Ujung Pandang. Ujung Pandang

Arikunto. S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Elisabeth. 2002. Pengaruh Penggunaan Chart terhadap hasil belajar siswa SMP 4 Soloputri Tanah ...............Toraja. Skripsi FMIPA UNM Makassar

Latuheru, JD. 2002. Media Pembelajaran. Edisi Revisi. MSU Pres Makassar

Rahadi, A.2003. Media Pendidikan.Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Dasar ..............dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan Jakarta

Saenab, Nurhayati, Hamka. 2016. Pembelajaran genetika (susah) dengan strategi humor (mudah), apakah mempengaruhi minat siswa?. Jurnal nalar pendidikan. Volume 4, Nomor 2, Jul-Des 2016. ISSN: 2339-0749. Halaman (420)


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.