PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALAKKA KABUPATEN BONE

Sri Wahyuni(1*),

(1) STIKP Bone Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9656

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPNegeri 3 Palakka Kabupaten Bone.Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing) dan variabel terikat (hasil belajar), Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quase experiment (Eksperimen semu), karena peneliti tidak mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Post-test Only Control Design”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Palakka  KabupatenBone pada bulan Mei 2016 tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian yaitu kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.dan sampel penelitian yakni kelas VIIIB dan VIIIC . Data hasil belajar diperoleh melalui postest. Data diolah dengan menggunakan uji-t (t-test) dengan taraf sinifikansi (α = 0,05). penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata hasil belajar adalah , rentang nilai 25, nilai variansi adalah 54,309 dan simpangan bakunya adalah  sedangkan dikelas kontrolmemperoleh nilai rata-rata hasil belajar adalah , rentang nilai 25, nilai variansi adalah  dan simpangan bakunya adalah . didalam proses pengolahan data secara manual diperoleh nilai t hitung   selanjutnya dibandingkan dengan nilai t tabel dengan (α=) dengan dk (33+33-2=64) diperoleh . nilai t hitung   t tabel  . dengan melihat kriteria pengujian dua pihak jika , maka H0 diterima danH1 ditolak jika H1 diterima dan H0ditolak, maka dapat disimpulkan berdasarkan fakta yang terjadi hipotesis alternatif ( H1) diterima :ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palakka Kabupaten Bone.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Dewi, T.K., Teguh M.I, dan Suartana, K.I. 2015. Pengaruh Model Kooperatif Snowball Throwing Berbantu Multimedia Interaktive Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Penelitian Pendidikan. 3 (1), 1- 10.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar & mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia.

Hanum, Uni, Supriyanto, dan Retno, S.I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi SMA Negeri 1 Karang Tengeng Demak. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 4, (2), 173- 178.

Hildayani, Rini dkk. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hirzi H.R.,Sripatmi, dan Hapipi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Segi Empat Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Lingsar Kelas VII- 1 Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan.. X, (1), 43-46.

Imah Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.

Pananrangi, R.A. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Rayhan Intermedia.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam

Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Susanti, Ayu., Suadyana, Sitti Zulaika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing berbantu media konkret terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugusi Gusti Ngurahrai Denpasar. Jurnal Penelitian Pendidikan 3 (1), 5- 10.

Tran, D.V. 2012.The Effects of Jigsaw Learning on Students’ Attitudes in a Vietnamese Higher Education Classroom . The Australia Online Journal of Higher Education.Vol. I, Issue 2, Article 9- 20.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Wardani, Julia. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming TerhadapHasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTs. Al- Hidayah Bakke Kabupaten Bone.Skripsi.Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.STKIP Muhammadiyah Bone: Watampone.

Yahya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sigli. Jurnal Penelitian Pendidikan. IV, (1), 1- 8.


Article Metrics

Abstract view : 453 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.