PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALAKKA KABUPATEN BONE
(1) STIKP Bone Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9656
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Dewi, T.K., Teguh M.I, dan Suartana, K.I. 2015. Pengaruh Model Kooperatif Snowball Throwing Berbantu Multimedia Interaktive Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Penelitian Pendidikan. 3 (1), 1- 10.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar & mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia.
Hanum, Uni, Supriyanto, dan Retno, S.I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi SMA Negeri 1 Karang Tengeng Demak. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 4, (2), 173- 178.
Hildayani, Rini dkk. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Hirzi H.R.,Sripatmi, dan Hapipi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Segi Empat Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Lingsar Kelas VII- 1 Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan.. X, (1), 43-46.
Imah Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.
Pananrangi, R.A. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Rayhan Intermedia.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam
Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya : Pustaka Pelajar.
Susanti, Ayu., Suadyana, Sitti Zulaika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing berbantu media konkret terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugusi Gusti Ngurahrai Denpasar. Jurnal Penelitian Pendidikan 3 (1), 5- 10.
Tran, D.V. 2012.The Effects of Jigsaw Learning on Students’ Attitudes in a Vietnamese Higher Education Classroom . The Australia Online Journal of Higher Education.Vol. I, Issue 2, Article 9- 20.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Wardani, Julia. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming TerhadapHasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTs. Al- Hidayah Bakke Kabupaten Bone.Skripsi.Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.STKIP Muhammadiyah Bone: Watampone.
Yahya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sigli. Jurnal Penelitian Pendidikan. IV, (1), 1- 8.
Article Metrics
Abstract view : 453 times | PDF view : 57 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.