PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9654
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Dahar, R W. 1989. Teori – teori Belajar. Jakarta :Erlangga.
Damayanti, Dyah Shinta. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasivol.3 No.1 Program Studi Fisika Universitas Muhamadiyah Purwerejo.
Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasruddin. 2009. Memaksimalkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal tabularasa pps unimed vol.1 no.1
Merlzer, David,E.2002. the relationship between mathematics preparation and concepyual learning gain in physics: A possible hidden variabel in diagnostic pretest scores. American journal physics. 70(2).
Moelyono, Anton M.1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Muslimin, Ibrahim. 2005. Asesmen Berkelanjutan: Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: UNESA university pers anggota IKAPI.
Nur, M. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya:PSMS UNS.
Permendikbud, 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.
Putri. B.K. 2013. Pengembangan Lks Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri.Jurnal pendidikan ipa indonesia vol 2 no 2 prodi pendidikan ipa universitas negeri semarang.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sirait, Ratni. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas VIII Mts-N 3 Medan. Medan:Jurnal Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Tawil, Muh. dan Liliasari.2014. Keterampilan – Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Penerbit Badan Penerbit UNM. Makassar.
Tiro, A.M. 2008. Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.
Rustaman, dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengembangkan Peserta didik dalam Belajar. Jakartan: PT. Gramedia
Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Semiawan, dkk. 1992. Pendekatan keterampilan Proses Bagaimana Mengembangkan Siswa dalam Belajar. Jakarta : PT.Gramedia.
Setiawan, W., Fitrajaya, E., & Mardiyanti, T. 2010.Penerapan model pengajaran langsung ( Direct instruction ) untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran rekayasa perangkat lunak. Jurnal Pendidikan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi
Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.
Tiro, A.M. 2008.Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.
Walidain, Birrun. Evisarviana. 2013. Pengaruh model pembelajaran direct intruction (pembelajaran langsung) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMP N 1 Indrapuri.Universitas Serambi Mekkah. Skripsi
Wenning, Carl J. 2007. Assessinginquiry skills as a component of scientific literacy. (Journal of Physics Teacher Education Online. Vol. 4, No. 2 www.phy.ilstu.edu/jpteo. Winter 2007. Illinois State University Physics Dept)
Yuniyanti, Endah Dwi. 2012.Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E-learning ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Pembaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal inkuiri. Vol 1 no 2 .program studi sains pascasarjana UNS.
Article Metrics
Abstract view : 626 times | PDF view : 98 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.