PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Andi Bonga(1*), Muh. Tawil(2), Sudarto Sudarto(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9654

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMPN 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2015 yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri, (2) Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2015 yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) Perbedaan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri  lebih tinggi kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu).  Variabel  yang diteliti adalah model inkuiri dan model pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas dan keterampilan proses sains sebagai variabel terikat. Desain penelitian ini adalah adalah Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Liliriaja pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D dan VII E dengan jumlah peserta didik 216 orang dan sampelnya adalah terdiri dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 21 orang dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 21 orang yang dipilih secara acak dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Instrumen penelitian ini berupa tes keterampilan proses sains yang terdiri dari 5 item yang sudah divalidasi oleh validator ahli. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memberikan tes (pretest-postest) keterampilan proses sains pada kedua kelas. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMP negeri 1 Liliriaja yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada skor rata-rata peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis inferensial, yaitu uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh peningkatan model inkuiri terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMP negeri 1 Liliriaja Soppeng pada pokok bahasan Klasifikasi makhluk Hidup.

Full Text:

PDF

References


Ali & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Dahar, R W. 1989. Teori – teori Belajar. Jakarta :Erlangga.

Damayanti, Dyah Shinta. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasivol.3 No.1 Program Studi Fisika Universitas Muhamadiyah Purwerejo.

Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasruddin. 2009. Memaksimalkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal tabularasa pps unimed vol.1 no.1

Merlzer, David,E.2002. the relationship between mathematics preparation and concepyual learning gain in physics: A possible hidden variabel in diagnostic pretest scores. American journal physics. 70(2).

Moelyono, Anton M.1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Muslimin, Ibrahim. 2005. Asesmen Berkelanjutan: Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: UNESA university pers anggota IKAPI.

Nur, M. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya:PSMS UNS.

Permendikbud, 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Putri. B.K. 2013. Pengembangan Lks Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri.Jurnal pendidikan ipa indonesia vol 2 no 2 prodi pendidikan ipa universitas negeri semarang.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sirait, Ratni. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas VIII Mts-N 3 Medan. Medan:Jurnal Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Tawil, Muh. dan Liliasari.2014. Keterampilan – Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Penerbit Badan Penerbit UNM. Makassar.

Tiro, A.M. 2008. Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.

Rustaman, dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengembangkan Peserta didik dalam Belajar. Jakartan: PT. Gramedia

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Semiawan, dkk. 1992. Pendekatan keterampilan Proses Bagaimana Mengembangkan Siswa dalam Belajar. Jakarta : PT.Gramedia.

Setiawan, W., Fitrajaya, E., & Mardiyanti, T. 2010.Penerapan model pengajaran langsung ( Direct instruction ) untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran rekayasa perangkat lunak. Jurnal Pendidikan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi

Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Tiro, A.M. 2008.Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.

Walidain, Birrun. Evisarviana. 2013. Pengaruh model pembelajaran direct intruction (pembelajaran langsung) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMP N 1 Indrapuri.Universitas Serambi Mekkah. Skripsi

Wenning, Carl J. 2007. Assessinginquiry skills as a component of scientific literacy. (Journal of Physics Teacher Education Online. Vol. 4, No. 2 www.phy.ilstu.edu/jpteo. Winter 2007. Illinois State University Physics Dept)

Yuniyanti, Endah Dwi. 2012.Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E-learning ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Pembaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal inkuiri. Vol 1 no 2 .program studi sains pascasarjana UNS.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.