PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 EREMERASA
(1) SMP Negeri 1 Eremerasa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9653
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama
Adisusilo, Sutarjo. 2010. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. http://veronikacloset.files.wordpress.com/2010/06/konstruktivisme.pdf. Diakses pada tanggal 11 Desember 2010.
Agustina. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Learning Cicle 5E Dengan Pendekatan saintifik Pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi di Kelas X SMA. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Ahmad A.K, Parwoto, Adnan, Usman. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kontruktivistik Berbasis Kreativitas pada Mata Pelajaran sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Berbakat di SMP. Laporan Penelitian Hibah bersaing. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
A. Machin. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. http // journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii.
Anderson, Lorin dan David Krathwohl. 2001. A Taxonomy for A Learning Teaching and Assesing. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Awi, M. Darwis, Sukarna. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivistik dalam Matematika yang melibatkan Scaffolding metacognitive. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Chaerunnisa, Depta Oktaria. (2014). Teori Belajar Kognitif. Makalah : FKIP UHAMKA Jakarta
Crain, William. 2007. Teori Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2003 Undang-Undang RI tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hosnan,M. 2014 Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Ida Mintarina Nulfita. 2014. Implementasi pendekatan saintifik dan Karakter dalam Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia. SMAN 1 Padangan Bojonegoro, 62162. (idaersyat@yahoo.co.id)
Johari Marjan. 2014. Pengaruh Pemberdayaan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar BIologi dan keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Panjor Selong Kab. Lombok Timur Nusa Teenggara Barat. e-journal Program Pacsasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Kemendikbud. 2013. Pendekatan Scientific (ilmiah) dalam
Pembelajaran. Jakarta : Pusbangprodik.
------------------ 2013. Permendikbud 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Khusnaini Azizah, Nelly Astuti, Siswantoro. 2014. Pendekatan Saintifik bermuatan Karakter Siap Siaga untuk meningkatkan Keterampilan Mitigasi. Jurnal , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Nurul Hidayati, dan Endryansyah. 2014. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientifik approach) Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL I SMK Negeri 7 Surabaya Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan teknik elektro Volume 03 Nomor 02. Tahun 2014,25-29
Nur, Mohamad. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA
PPs UNM. 2012. Pedoman Penulisan tesis dan Disertasi Program Pascasarjana UNM Makassar. Makassar: PPs UNM
Rahmatiah. 2015. Pendekatan Saintifik Sebagai Solusi dalam Pembelajaran Biologi. Artikel E.Buletin Edisi Mei 2015 ISSN 2355-3189.
Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.
Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BumiAksara
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suparno, Paul. 2008. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group
--------. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara
Wartono, N. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Sains (buku 4). Jakarta: Proyek PSPP Depdiknas.
Article Metrics
Abstract view : 297 times | PDF view : 29 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.