PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 EREMERASA

Charisniaty Erlin(1*), Yusminah Hala(2), Muhammad Danial(3),

(1) SMP Negeri 1 Eremerasa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9653

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik dan untuk memperoleh perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif pada siswa kelas VIII SMP.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi Sistem Peredaran Darah. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah RPP. Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap – tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran, namun dalam penelitian ini tahap penyebarannya terbatas hanya pada lingkungan SMP Negeri 1 Eremerasa melalui MGMP Internal sekolah. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, adalah: (1) perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik praktis, karena telah memenuhi indikator kepraktisan yaitu keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori terlaksana seluruhnya, dan respon guru dengan kategori sangat positif (2) perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik efektif karena telah memenuhi seluruh indikator keefektifan, yaitu: ketuntasan klasikal tes hasil belajar (kognitif) telah tercapai yaitu ≥ 75, hasil penilaian aktivitas siswa berada pada kategori baik, respon siswa berada pada kategori sangat positif dan kegiatan pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Adisusilo, Sutarjo. 2010. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. http://veronikacloset.files.wordpress.com/2010/06/konstruktivisme.pdf. Diakses pada tanggal 11 Desember 2010.

Agustina. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Learning Cicle 5E Dengan Pendekatan saintifik Pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi di Kelas X SMA. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Ahmad A.K, Parwoto, Adnan, Usman. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kontruktivistik Berbasis Kreativitas pada Mata Pelajaran sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Berbakat di SMP. Laporan Penelitian Hibah bersaing. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

A. Machin. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. http // journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii.

Anderson, Lorin dan David Krathwohl. 2001. A Taxonomy for A Learning Teaching and Assesing. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Awi, M. Darwis, Sukarna. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivistik dalam Matematika yang melibatkan Scaffolding metacognitive. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Chaerunnisa, Depta Oktaria. (2014). Teori Belajar Kognitif. Makalah : FKIP UHAMKA Jakarta

Crain, William. 2007. Teori Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003 Undang-Undang RI tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hosnan,M. 2014 Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ida Mintarina Nulfita. 2014. Implementasi pendekatan saintifik dan Karakter dalam Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia. SMAN 1 Padangan Bojonegoro, 62162. ([email protected])

Johari Marjan. 2014. Pengaruh Pemberdayaan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar BIologi dan keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Panjor Selong Kab. Lombok Timur Nusa Teenggara Barat. e-journal Program Pacsasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Kemendikbud. 2013. Pendekatan Scientific (ilmiah) dalam

Pembelajaran. Jakarta : Pusbangprodik.

------------------ 2013. Permendikbud 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Khusnaini Azizah, Nelly Astuti, Siswantoro. 2014. Pendekatan Saintifik bermuatan Karakter Siap Siaga untuk meningkatkan Keterampilan Mitigasi. Jurnal , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Nurul Hidayati, dan Endryansyah. 2014. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientifik approach) Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL I SMK Negeri 7 Surabaya Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan teknik elektro Volume 03 Nomor 02. Tahun 2014,25-29

Nur, Mohamad. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA

PPs UNM. 2012. Pedoman Penulisan tesis dan Disertasi Program Pascasarjana UNM Makassar. Makassar: PPs UNM

Rahmatiah. 2015. Pendekatan Saintifik Sebagai Solusi dalam Pembelajaran Biologi. Artikel E.Buletin Edisi Mei 2015 ISSN 2355-3189.

Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BumiAksara

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparno, Paul. 2008. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group

--------. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara

Wartono, N. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Sains (buku 4). Jakarta: Proyek PSPP Depdiknas.


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.