FEASIBILITY AND READABILITY OF EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) BASED MODULE ON GLOBAL WARMING MATERIAL GRADE VII
(1) Department of Science Education, Universitas Garut, Indonesia
(2) Department of Science Education, Universitas Garut, Indonesia
(3) Department of Science Education, Universitas Garut, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v8i1.59727
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afeni, T., Asiyah, & Latipah, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Example Non Example Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII SMPN 05 Seluma. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(1), 26–34.
Arizah, K. L., & Admoko, S. (2023). Validitas Lembar Kerja Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemapuan Literasi Sains Pada Materi Pemanasan Global. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(2), 46–53.
Eilks, I. (2015). Science education and education for sustainable development - justifications, models, practices and perspectives. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(1), 149–158. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1313a
Fitria, J., Wardana, R. W., & Johan, H. (2022). Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan E-Modul Interaktif Pemanasan Global Berdasarkan Pemodelan Parameter Cuaca. Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 6(2), 92–102. https://doi.org/10.31331/jipva.v6i2.2284
Fitrianur, S., & Hamdu, G. (2021). Modul Berbasis ESD Topik “Pentingnya Air Bersih Bagi Kehidupanku” Di Sekolah Dasar. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(2), 174–190.
Gul, S. (2021). Determination of the Readability Levels of the Texts Related to Biology Topics in the Science Textbook-6. Open Journal for Educational Research, 5(1), 77–90. https://doi.org/10.32591/coas.ojer.0501.07077g
Hamdani, H., & Rahmawati, F. (2021). Hasil Uji Keterbacaan Modul 6M Berbasis Project Based Learning pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Brangrea. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 548. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4352
Hasibuan, R. N., Azmi, S. S., & Savana, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pemanasan Global Kelas VII SMP Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(2).
Herman, L., Subchan, W., & Wahono, B. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP/MTs. JURNAL EDUKASI UNEJ, 3(3), 10–15.
Karaarslan, G., & Teksoz, G. (2016). Integrating Sustainable Development Concept into Science Education Program. International Journal of Environmental Science Education, 11(15), 8403–8425.
Koculu, A., & Topcu, M. S. (2024). Development and Implementation of a Sustainable Development Goals (SDGs) Unit: Exploration of Middle School Students’ SDG Knowledge. Sustainability (Switzerland), 16(2). https://doi.org/10.3390/su16020581
Lubis, M. F., Sunarto, A., & Walid, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 206–214. https://doi.org/10.31764
Mawarni, H., Sholahuddin, A., & History, A. (2022). Validitas Modul Interaktif Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Wahana-Bio: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1), 54–64. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
Metasari, L., Hatmono, P. D., & Sujiono. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Materi Puja Dan Doa Di SMK. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 5(2), 120–138.
Nunoo, F. K. N., Anane-Antwi, E., Mensah, D. P., Nunoo, I. E., & Brew-Hammond, A. (2022). Readability Analyses of Integrated Science Textbooks for Junior High Schools in Ghana. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 17(2), 61–72. https://doi.org/10.4314/ajesms.v17i2.6
Nurdiyana, M. S., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. (2016). Keterbacaan Dan Kelayakan Isi Modul Elastisitas Dan Hukum Hooke Berbasis Multirepresentasi Untuk SLTA Kelas X. “Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA, 1, 2527–5917.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Purnamasari, S. (2020). Pengembangan Praktikum IPA Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(2), 8–15. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.20
Purnamasari, S., & Nurawaliyah, S. (2023). Studi Literatur: Penilaian Kompetensi Keberlanjutan dan Hasil Belajar Education for Sustainable Development (ESD). Jurnal Pendidikan Uniga, 17(1), 686–698.
Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/273
Saptono, D., & Ningsih, T. W. R. (2014). Perbandingan Formula Gunning Fog Indeks Dan Flesch Level Pada Uji Keterbacaan TekS. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer Dan Sistem Inteligen (KOMMIT 2014), 155–162.
Sari, J. I., Syamswisna, & Yokhebed. (2019). Kelayakan Bahan Ajar Modul Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6), 1–10.
Sarip, M., Amintarti, S., Utami, N. H., Biologi, S. P., Lambung, U., Brigjen, M. J., Brigjend, J., Basri, H., Utara, K. B., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian memberikan deskripsi, eksplansi, prediksi, Inovasi, dan juga dasar dasar teoretis bagi pengembangan. Remaja Rosdakarya.
Trott, C. D., & Weinberg, A. E. (2020). Science Education for Sustainability: Strengthening Children’s Science Engagement through Climate Change Learning and Action. Sustainability (Switzerland), 12(16). https://doi.org/10.3390/SU12166400
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO.
Wardoyo, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Penyebab Terjadinya Pemanasan Global melalui Metode Diskusi Model Brainstorming pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Nglegok Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 3(4), 349–354. https://doi.org/10.28926/jprp.v3i4.1132
Article Metrics
Abstract view : 20 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.