APPLICATION OF ACTIVE KNOWLEDGE SHARING STRATEGY ASSISTED BY GOOGLE CLASSROOM APPLICATION ON STUDENT LEARNING OUTCOMES ON VIRUS MATERIAL
(1) Department of Biology Education, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(2) Department of Biology Education, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v8i1.59615
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 17. https://doi.org/10.
Atikah, R. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Komunikasi.
Famukhit, M. L. (2020). Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Online Pada Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan : http://www.ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/314.
Fitria. (2020). Penggunaan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 4 Aceh Barat Daya. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5 (2).
Husnifa, H. E. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Virus di Kelas X Aliyah Al-Fajri Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 4 No. 4 Halaman : 016 - 024.
Isnaniah. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda. Prosiding Prodi Pendidikan Ekonomi.
Mahitsa. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102.
Meltzer. (2002). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Rosyidi, A. (2018). The Impact of Active Knowledge Sharing on Students Learning Outcomes in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 117, 59-70. .
Simon, U. (2017). The evil virus cell : Student’s knowledge and beliefs about viruses. Journal PLoS ONE, 12(3): 1-21.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, L. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantu Media Gambar Terhadap Kemampuan Kerjasama Dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Kelas VII MTS Assa’adah Labuapi. Skripsi.
Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta.
Umiyati, D. (2014). Perbandingan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar antara Siswa Kelas X6 dengan Kelas X7 pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus. JUPEMASI-PBIO, 1 (1): 106-108.
Widayanti. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4 (1), 14-20. .
Yolanda, A. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Atom di Kelas X MAN 1 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2 (2), 1-7.
Article Metrics
Abstract view : 40 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.