PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA TEMA TERCEMARNYA LINGKUNGANKU

Ila Nurmila Diah(1*), Sjaifuddin Sjaifuddin(2), Adi Nestiadi(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53928

Abstract


Kurangnya pemahaman materi pembelajaran dapat menyebabkan rendahnya nilai hasil belajar. dipilihnya model pembelajaran yang sesuai adalah komponen pendukung dalam tercapainya tujuan pembelajaran yang mampu mendukung peserta didik untuk paham atas materi pembelajaran. Diantaranya yaitu memakai model yang tepat dan inovatif, seperti digunakannya model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada tema tercemarnya lingkunganku. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode yaitu Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan memakai dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dengan desain pre-test post-test control design. Melalui tes soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal Hasil belajar dapat diukur. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan memakai program SPSS versi 25 diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, dengan berlandas pada kriteria H0 ditolak dan H1 diterima, oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5E memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada tema tercemarnya lingkunganku dengan dibuktikan dari perolehan nilai hasil belajar peserta didik yang diterapkan dengam model pembelajaran Learning Cycle 5E  meningkat secara signifikan.

Full Text:

PDF

References


Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L.T. (2022). Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6 (1), 113-119.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bungkang, L. R. dan Y.(2016). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SMP Se-Kota Jayapura Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, vol 3 No 3

Hartati, W., Corebima, A. D., & Suwono, H .(2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains, Vol 3(1), 22–30.

Hesti, Riani, E., Khastini, R.O., & Sjaifuddin, S (2022). Pemanfaatan Hasil Penelitian Pengaruh Logam Berat Cu Terhadap Pertumbuhan Udang Windu (Penaeus monodon) Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Subkonsep Pencemaran Lingkungan SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 434-442.

Hidayah, M., Riani, E., Sjaifuddin, S., & Khastini, R.O. (2022). Implementation Research Result About the Effect of Heavy Metal Cadmium on the Growth of Tiger Shrimp (Penaeus monodon) as Biology Learning Source for Environmental Pollution. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(1): 122-132.

Lestari, S.M., Sjaifuddin, S., & Resti, V.D.A. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Lomba Cerdas Cermat IPA SMP Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Aplikasi Quizizz. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 531-540

Mansur, R.(2018). Belajar jalan perubahan menuju kemajuan. Vicratina, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1.

Nata Yunus, dkk.(2018). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia’. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Vol. 3 No. 1

Septiani, A.U., Sjaifuddin, S.. & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 8(1), 167-174

Sukardi, I.(2013). Model-Model Pembelajaran Modern Bekal Untuk Guru Profesional, Palembang : Tunas Gemilang Press.

Surya, M. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin.(2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran IPA : Studi Kasus di MI Roudatul Ulum Surabaya, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3 No. 2, hal 64-72

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S.(2014).‘Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.