PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA TEMA TERCEMARNYA LINGKUNGANKU
(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53928
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L.T. (2022). Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6 (1), 113-119.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bungkang, L. R. dan Y.(2016). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SMP Se-Kota Jayapura Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, vol 3 No 3
Hartati, W., Corebima, A. D., & Suwono, H .(2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains, Vol 3(1), 22–30.
Hesti, Riani, E., Khastini, R.O., & Sjaifuddin, S (2022). Pemanfaatan Hasil Penelitian Pengaruh Logam Berat Cu Terhadap Pertumbuhan Udang Windu (Penaeus monodon) Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Subkonsep Pencemaran Lingkungan SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 434-442.
Hidayah, M., Riani, E., Sjaifuddin, S., & Khastini, R.O. (2022). Implementation Research Result About the Effect of Heavy Metal Cadmium on the Growth of Tiger Shrimp (Penaeus monodon) as Biology Learning Source for Environmental Pollution. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(1): 122-132.
Lestari, S.M., Sjaifuddin, S., & Resti, V.D.A. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Lomba Cerdas Cermat IPA SMP Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Aplikasi Quizizz. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 531-540
Mansur, R.(2018). Belajar jalan perubahan menuju kemajuan. Vicratina, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1.
Nata Yunus, dkk.(2018). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia’. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Vol. 3 No. 1
Septiani, A.U., Sjaifuddin, S.. & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 8(1), 167-174
Sukardi, I.(2013). Model-Model Pembelajaran Modern Bekal Untuk Guru Profesional, Palembang : Tunas Gemilang Press.
Surya, M. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin.(2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran IPA : Studi Kasus di MI Roudatul Ulum Surabaya, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3 No. 2, hal 64-72
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S.(2014).‘Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.
Article Metrics
Abstract view : 170 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.