PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA BERBASIS GOOGLE BOOKS

Mukhlis Rohmadi(1*), Nurul Septiana(2),

(1) Jurusan Pendidikan MIPA, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,Kalimantan Tengah, Indonesia
(2) Jurusan Pendidikan MIPA, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,Kalimantan Tengah, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53649

Abstract


Google books merupakan platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk bahan bacaan berupa buku dan sejenisnya. Untuk menunjang dan mempermudah bahan bacaan mahasiswa dalam perkuliahan Dasar-Dasar Pendidikan MIPA di IAIN Palangka Raya maka dikembangkan bahan ajar berbasis Google books. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan dengan 4D, yaitu Define, Design, Development serta Disseminate. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk buku dan memberikan hasil bahan ajar yang menarik, mudah dibaca dan digunakan serta tidak memberikan beban tambahan pada gawai yang digunakan. Serta bahan ajar yang digunakan mampu digunakan dengan berbagai platform sistem informasi, mulai dari Android, iOS, Windows, MacOS hingga linux. Mahasiswa menjadi terbantu dan mudah dalam proses perkuliahan Dasar-Dasar Pendidikan MIPA dengan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan Sangat baik dan Layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Anggereni, S., Rasyid, Muh. R., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains Untuk Peserta Didik. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24252/asma.v1i1.11253

Astuti, P. A. P. (2022). Pengembangan e-magazine Materi Pewarisan Sifat Terintregasi Keislaman Menggunakan Aplikasi Flip pdf professional Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MTs. IAIN Palangka Raya.

Bawaneh, A., Zain, A., & Ghazali, M. (2010). Efektivitas Peta Konflik dan Metode Pengajaran Bentuk-V dalam Perubahan Konseptual Sains pada Siswa Kelas Delapan di Yordania. ERIC International Education Studies, 3(1), 96–108. https://eric.ed.gov/?id=EJ1066057

Jamridafrizal. (2017). Online Google Book Sebagai Perpustakaan Digital Alternative Masa Depan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 2(2), 189–199. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/1255

Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2010). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(2), 43–51. https://doi.org/DOI: 10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104

Lestari, S., & Ammah, E. S. (2021). Pendidikan Literasi Digital Melalui Media Google Play Books. INCARE : International Journal of Educational Resources, 1(5), 466–475. http://www.ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/185

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Exe-Learning untuk melatih literasi sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 88–98. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056

Pertiwi, F. A. (2016). Pembelajaran fisika dasar terintegrasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui diagram vee. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.7

Sanjaya, S. R., & Patrikha, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dan Google Classroom Untuk Mata Pelajaran Menata Produk di SMK Negeri 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1439–1446. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41939

Sulvi, S. (2019). Fisika Dasar I terintegrasi Al–Qur’an pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15830/1/Sarina%20Sulvi.pdf

Supardi, S., Leonard, L., & Suhendri, H. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal, 2(1), 71–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Supardi, U., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Journal.Lppmunindra.Ac.Id, 2(1), 71–81. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/86

Tjahjono, F., & Wibawa, S. (2019). Pengembangan E-Content Video Infografis Animasi 2D dengan Menggunakan Metode 4D. Jurnal IT-EDU, 4(2), 25–30. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/10/article/view/31070

Winarti. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 11(2), 54–60. https://doi.org/: http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i2.12


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.