PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING, CONNECTING, OBSERVING, DISCUSSING, EVALUATING (ReCODE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT NURUL FIKRI

Alfira Fahriani(1), Arie Arma Arsyad(2*), Sitti Saenab(3), Muh Tawil(4), Salma Samputri(5),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(4) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(5) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53599

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Besar peningkatan literasi sains peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri setelah dibelajarkan model pembelajaran ReCODE, 2) Besar skor kategori effect size penggunan model pembelajaran ReCODE terhadap peningkatan kemampuan literasi sains literasi sains peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri, 3) Besar kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII sebelum dan setelah dibelajarkan model pembelajaran ReCODE, 4) Mengetahui tidak adanya perbedaan rata-rata peningkatan yang signifikan kemampuan literasi sains kelas VIII B dan kelas VIII D setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran ReCODE. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan N-Gain pada kelas eksperimen pada kategori sedang, analisis Effect Size pada kelas eksperimen pada kategori redah. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata peningkatan yang signifikan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran ReCODE serta tidak terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas VIII B dan kelas VIII D.

Full Text:

PDF

References


Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.

Imaningtyas, C. D., Karyanto, P., Nurmiyati, N., & Asriani, L. (2016). Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X Mia 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4-10. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.2004.

Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630-636. http://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312.

Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd Pada Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 313-319. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45288.

Latif, A., Pahru, S., & Muzakkar, A. (2022). Studi Kritis Tentang Literasi Sains dan Problematikanya Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9878-9886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4023.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214.

Pitnelly, P., Wahyuni, S., Elisa, E., Zurweni, Z., & Malik, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(1), 58-65. https://doi.org/10.22437/jisic.v13i1.14507.

Saenab, S. (2019). ReCODE (Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating). Malang: Universitas Negeri Malang.

Saenab, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Taofiq, M., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2018, Juni). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Yang Berbeda Di SMAN 1 Kayangan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 549-555).

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Situbondo: Universitas Ibrahimy.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.