PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING, CONNECTING, OBSERVING, DISCUSSING, EVALUATING (ReCODE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT NURUL FIKRI
(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(4) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(5) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53599
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.
Imaningtyas, C. D., Karyanto, P., Nurmiyati, N., & Asriani, L. (2016). Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X Mia 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4-10. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.2004.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630-636. http://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312.
Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd Pada Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 313-319. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45288.
Latif, A., Pahru, S., & Muzakkar, A. (2022). Studi Kritis Tentang Literasi Sains dan Problematikanya Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9878-9886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4023.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214.
Pitnelly, P., Wahyuni, S., Elisa, E., Zurweni, Z., & Malik, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(1), 58-65. https://doi.org/10.22437/jisic.v13i1.14507.
Saenab, S. (2019). ReCODE (Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating). Malang: Universitas Negeri Malang.
Saenab, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Taofiq, M., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2018, Juni). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Yang Berbeda Di SMAN 1 Kayangan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 549-555).
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Situbondo: Universitas Ibrahimy.
Article Metrics
Abstract view : 87 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.