ANALISIS TUGAS-TUGAS PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XII SMA/MA

Hardianti M(1), Abd Muis(2), Faisal Faisal(3*),

(1) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.53079

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis keterampilan proses sains yang terwakili pada tugas-tugas pembelajaran yang terdapat pada buku teks Biologi kelas XI SMA/MA. Peneliti menggunakan instrumen ITAI untuk menganalisis sejauh mana tugas-tugas pembelajaran dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan proses sains mereka. Terdapat dua jenis tugas yang dianalis, yaitu tugas mandiri dan tugas terstruktur. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 107 keterampilan proses sains yang terwakili pada tugas terstruktur, dan sebanyak 69 keterampilan proses sains pada tugas mandiri. Keterampilan proses sains yang terdapat pada buku teks biologi kelas XII SMA/MA yaitu keterampilan mengamati, mengukur, mengkomunikasikan, mengklasifikasikan, memprediksi, mengontrol variabel, menafsirkan data, merumuskan hipotesis, mengajukan pertanyaan, merancang dan melakukan penyelidikan. Adapun keterampilan proses sains yang tidak terdapat pada buku teks yaitu keterampilan mengiferensi, mendefiniskan secara operasional dan merumuskan model.


Full Text:

PDF

References


Anisah, Aan & Azizah, Ezi N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Logika. Vol, 18 (3).

Antrakusuma, B., Masykuri, M., & Ulfa, M. (2017). Analysis Science Process Skills Content in Chemistry Textbooks Grade XI at Solubility and Solubility Product Concept. International Journal of Science and Applied Science, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16682

Ariyanto, A., Priyayi, D., Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiya Metro. Vol. 9 (1).

Dewi, S. (2008). Keterampilan Proses Sains. Bandung: Tinta Emas, hal. 64

Elvanisi, Ade., Hidayat, Saleh., Fadillah, Etty N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 4 (2).

Ilmi, N., Desnita., Erfan, H., & Betty, Z. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5(1).

Khairunnisa, dkk. (2019). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal BIO-INOVED: Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 1 No. 2, hal. 61.

Lepiyanto, Agil. (2014). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 5 (2).

Mahmudah L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary, 4 (1)

Marlina, S., Chandra, E., Cahyani, D. (2018). Kualitas Literasi Biologi Buku Teks Biologi Kelas XII Semester II Pada Pokok Bahasan Bioteknologi. Jurnal Ilmu Alam Indonesia. Vol. 1 (1): 1-13.

Nugroho, Failasuf A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia pada Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 5 (5).

Ramadhani, P. R., Akmam, Desnita, & Darvina, Y. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1. Pillar of Physics Education, 12(4), 649–656.

Sukma, N. K., Daud, F., & Faisal. (2022). Analisis Tugas Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Buku Teks Biologi Kelas X SMA. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 6 (3).

Tursinawati. (2013). Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol 2 No 4, hal. 49

Yang., & Liu. (2016). Content Analysis of Inquiry-based Tasks in High School Biology Textbooks in Mainland China. International Journal of Science Education, 41 (6).

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2 (2).


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.