IMPLEMENTASI E-LKPD BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII

Annisa Maulidia(1), Muhammad Aqil Rusli(2*), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.52163

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) tingkat hasil belajar IPA dari peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Barru sebelum implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual (2) tingkat hasil belajar IPA peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Barru setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual (3) kategori peningkatan dari hasil belajar IPA kelas VIII SMPN 1 Barru. (4) ada tidaknya peningkatan yang signifikan setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual (5) ada tidaknya kesamaan peningkatan yang signifikan setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan desain single group pre-test and post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik target sampling dan diperoleh 70 peserta didik dari tiga kelas VIII2, VIII3 dan VIII4. Kesimpulan penelitian sebagai berikut 1) hasil rata-rata skor hasil belajar IPA kelas VIII SMPN 1 Barru sebelum diimplementasikan E-LKPD berbantuan laboratoirum virtual yaitu 6,29 pada kategori sedang 2) hasil rata-rata skor hasil belajar setelah diimplementasikan E-LKPD berbatuan laboratoirum virtual peserta didik kelas VIII SMPN 1 Barru sebesar 10,50 dengan Kategori Cukup, 3) kategori dari peningkatan hasil Belajar pada kategori peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Barru mengalami peningkatan skor sebesar 0,30 pada kategori sedang, 4) terdapat peningkatan yang signifikan setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual peserta didik IPA pada thitung= 13,93 > ttabel= 1,99, 5) terdapat kesamaan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik setelah impelmentasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual dengan Fhitung<ftabel= 0,88 < 3,13.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I., Dewi, F., & Hariyanto, H. (2018). Pengembangan E-LKPD Berbasis Praktikum pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIA di SMA Xaverius2 Kota Jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Anderson, L., W. & Krathwohl, D., R. (2001). Kerangka landasan untuk pembelajaran pengajaran dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti, N., Nurhayati, N., Yuhafliza, Y., dkk (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Pendidik SMA Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445-457.

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 1(1), 42-50.

Fauji, M.M., D. A. S., Tohari, M.Si., A., Linawati, M. S., Nurdiwati, M.S.A., D., Agus Sumantri, M.M., B., Lukiani, M.Pd., D. E. R. M., & Purnomo, M.M., H. (2020). Restrukturisasi Ekonomi Dan Bisnis Di Era Covid 19. In D. A. S. Fauji, M.M (Ed.), Buku Seminar (2020th Ed., P. 22). Fakultas Ekonomi.

Harahap, R. N. (2020). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Koloid Kelas XI MIA SMAN 7 Kota Jambi. Repostory Unja, 8.

Hayati, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Based Learning (DBL) Dilengkapi Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Peserta Didik Kelas X Man 1 Tanah Datar.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), 186-195.

Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin, S., & Sutanto, E. (2021). Implementasi guided inquiry berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792-2801.

Maharani, A. D. (2019). HOTS pada assesment pembelajaran tematik muatan pembelajaran IPA peserta didik sekolah dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1).

Munirudin,L. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Laboratorium Virtual dengan Media XAMPP Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Pada Materi Matahari Sebagai Bintang. Inovasi Pendidikan Fisika, 6(2).

Permana, R. H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Retrieved November, 23, 2019.

Pratiwi, S. N., Cari, C.& Aminah,N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisik. 9, 34 -42.

Ringo, F. S., & Bermuli, J. E. B. E. (2020). Metode think pair share untuk meningkatkan kemampuan mengingat dalam pelajaran biologi di sekolah Lentera Harapan Gunung Agung Lampung. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(2), 213-224

Sapti, M. (2019). Kajian Mengenai Pendidikan Karakter. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689-1699.

Sari, I. K. W. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145-152.

Setianingrum, S., & Wardani, N. S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Discovery Learning Peserta didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 149–158.

Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi pembelajaran fisika berbantuan media simulasi phet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57-64.

Sunandar, R., & Rusli, M. A.(2022) Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Dua Pitue Kalosi. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 102-108.

Sutrisno, (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Tiro, M. A. 2015. Dasar- Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1).

Zubaidah.S., Susriyati.M., Lia. Y., dkk. (2017). Buku Peserta didik Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.

Zuraini, Z., & Nurhayati, N. (2021). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Diera New Normal. Genta Mulia, XII(1), 130–136.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.