IMPLEMENTASI E-LKPD BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII
(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.52163
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, I., Dewi, F., & Hariyanto, H. (2018). Pengembangan E-LKPD Berbasis Praktikum pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIA di SMA Xaverius2 Kota Jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Anderson, L., W. & Krathwohl, D., R. (2001). Kerangka landasan untuk pembelajaran pengajaran dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, N., Nurhayati, N., Yuhafliza, Y., dkk (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Pendidik SMA Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445-457.
Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 1(1), 42-50.
Fauji, M.M., D. A. S., Tohari, M.Si., A., Linawati, M. S., Nurdiwati, M.S.A., D., Agus Sumantri, M.M., B., Lukiani, M.Pd., D. E. R. M., & Purnomo, M.M., H. (2020). Restrukturisasi Ekonomi Dan Bisnis Di Era Covid 19. In D. A. S. Fauji, M.M (Ed.), Buku Seminar (2020th Ed., P. 22). Fakultas Ekonomi.
Harahap, R. N. (2020). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Koloid Kelas XI MIA SMAN 7 Kota Jambi. Repostory Unja, 8.
Hayati, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Based Learning (DBL) Dilengkapi Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Peserta Didik Kelas X Man 1 Tanah Datar.
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), 186-195.
Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin, S., & Sutanto, E. (2021). Implementasi guided inquiry berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792-2801.
Maharani, A. D. (2019). HOTS pada assesment pembelajaran tematik muatan pembelajaran IPA peserta didik sekolah dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1).
Munirudin,L. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Laboratorium Virtual dengan Media XAMPP Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Pada Materi Matahari Sebagai Bintang. Inovasi Pendidikan Fisika, 6(2).
Permana, R. H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Retrieved November, 23, 2019.
Pratiwi, S. N., Cari, C.& Aminah,N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisik. 9, 34 -42.
Ringo, F. S., & Bermuli, J. E. B. E. (2020). Metode think pair share untuk meningkatkan kemampuan mengingat dalam pelajaran biologi di sekolah Lentera Harapan Gunung Agung Lampung. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(2), 213-224
Sapti, M. (2019). Kajian Mengenai Pendidikan Karakter. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689-1699.
Sari, I. K. W. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145-152.
Setianingrum, S., & Wardani, N. S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Discovery Learning Peserta didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 149–158.
Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi pembelajaran fisika berbantuan media simulasi phet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57-64.
Sunandar, R., & Rusli, M. A.(2022) Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Dua Pitue Kalosi. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 102-108.
Sutrisno, (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.
Tiro, M. A. 2015. Dasar- Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.
Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1).
Zubaidah.S., Susriyati.M., Lia. Y., dkk. (2017). Buku Peserta didik Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.
Zuraini, Z., & Nurhayati, N. (2021). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Diera New Normal. Genta Mulia, XII(1), 130–136.
Article Metrics
Abstract view : 65 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.