DESKRIPSI LEVEL KOGNITIF BUTIR SOAL LATIHAN DALAM BUKU AJAR PESERTA DIDIK IPA TERPADU DAN HASIL TES PESERTA DIDIK KELAS VII

Arfi Reni(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Nurhayani H. Muhiddin(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.52014

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi level kognitif soal latihan buku ajar IPA terpadu kelas VII pada materi lapisan bumi dan, 2) deskripsi hasil tes peserta didik kelas VII SMPN 8 Makassar pada soal latihan buku ajar IPA terpadu pada materi lapisan bumi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan instrument penentuan level kognitif dan instrument rubrik penilaian soal esai. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Deskripsi soal level kognitif buku IPA terpadu pada materi lapisan bumi menunjukkan bahwa persentase pada soal level C1 (mengingat) sebanyak 23%, C2 (memahami) 53%, C3 (mengaplikasikan) 17%, C4 (menganalisis) 7%, C5 (mengevaluasi) 0% dan C6 (mencipta) 0%. 2) Deskripsi hasil test peserta didik untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menjawab soal level kognitif ditunjukkan dengan persentase C1 (mengingat) mendapat skor 78%, C2 (memahami) mendapat skor 66%, C3 (menerapkan) mendapat skor 68%, dan C4 (menganalisis) mendapat skor 46%.

Full Text:

PDF

References


Agustiana, N. (2019). Analisis Soal Buku Tesk Matematika SMP Kelas VII Berdsarakan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Anas, S. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajran, Pengajaran Dan Assasment (Revisi Taksonomi Bloom Pendididkan) . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ardyansyah, M. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Pada Buku Teks Biologi Kelas X Di SMA Negeri Kota Malang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Enterprise, J. (2014). SPSS Untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Ernianti. Junus, M. & Syam, M. (2020). Analisis Ranah Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Fisika Kelas X (Studi Pada Buku Karya Ni Ketut Lasmi). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. Vol. 1. No. 2.

Hanifa, U. (2014). Pentingnya Buku Ajar Berkualitas Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajran Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Tarbiah. Vol. 3. No. 1.

Iswandi. M.B. (2017). Pertanyaan Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Bapala.

Juhanda. AA. (2016). Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Biologi SMA. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 21. No. 1.

Kemendikbud. (2016). Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lorin, A. W. (2014). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajarn Dan Assasmen. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Marpu'ah, P. (2016). Analisis Soal Buku Ajar IPA Kelas V. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Muslich, M. (2010). Dasar Dasar Pmahaman, Penulisan Buku Teks . Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Nabilah, M. Stepanus, S.S. & Hamdani. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Momentum dan Implus. Jurnal JIPPF. Vol. 1. No. 1

Nasrulloh, A.H. (2011). Analisis Tingkat Kognitif Tes Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (Bse) Matematika Smp/Mts Kelas IX berdasarkan Berdasarkan Taksonomi Bloom. Skripsi. Universitas Jember.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Purwanto, M.N (2012). Prinsip Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya.

Purwanto, M.N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Nusa Media.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Shoffa, S. (2016). Keterampilan Dasar Mengajar. Surabaya: Mavendra Pers.

Sitepu, B. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sunaryo, W. & Kuswana. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 6. No.1.

Widana, I.W. (2017). Modul Penyusunan HOTS. Direktorat: Pembinaan SMK Kemendikbud.


Article Metrics

Abstract view : 185 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.