PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY MATERI BAKTERI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA KELAS X SMA
(1) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(4) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(5) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(6) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(7) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.51992
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Annisa, Ayu R., Putra, Aminuddin P., Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 11 (1) Hal 72-80
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asandhimitra. (2004). Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 8-16.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dick and Carey. (1996). The Systematic Dessign of Instuction, New York: Harper Collins Publishers.
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 1 (2). Hal 97-102
Mangengke, B. B., & Dwiningsih, K. (2020). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Pada Sub Materi Kimia Unsur Aluminium. UNESA Journal of Chemical Education, 9(1), 71–78.
Muhajarah, K., Sulthon, M., Dakwah dan Komunikasi, F., & Walisongo Semarang, U. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77–83.
Muchson, M., Munzil, M., Winarni, B. E., & Agusningtyas, D. (2019). Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1).
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, MP/MTs, SMA/MA. [Versi Elektonik].
Pratama, A., Hamid, T & A. Halim. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2 No 1. Hal 149-153
Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 5 (1). Hal 52-65
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovtech. 2 (1). Hal 1-8
Simbolon, D.H., dan Sahyar. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 21(3)
Siradjun, N., Suranto, J. & Pamuti. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual Biologi Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikatif Mahasiswa, Vol 5 (2) Hal 71-76
Suryanda, A., Rusdi, & Kusumati, D. (2017). Pengembangan Praktikum Virtual Urinalisis Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas XI. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 10 (1). Hal 1-8
Sugiyanto, dkk. 2013. “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital”. INVOTEC. Vol. 9 (2).
Wahyuni, S. (2010). Pengaruh Jenis Laboratorium Terhadap Respon Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA dan MIPA (Saintifika), 11 (1): 74-86
Wijayanto, dkk. (2018). Pentingnya pengembangan geography virtual laboratory (geo v-lab) sebagai media pembelajaran litosfer. Jurnal Pendidikan. Vol 3 (2). 119-125.
Article Metrics
Abstract view : 155 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.