PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY MATERI BAKTERI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA KELAS X SMA

Refky Rahma Hidayat(1*), Dewi Jumiarni(2), Irwandi Ansori(3), Bhakti Karyadi(4), Alif Yanuar Zukmadini(5), Ahmad Saddam Husein(6), Abas Abas(7),

(1) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(4) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(5) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(6) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(7) Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.51992

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan virtual lab sebagai alternatif praktikum di sekolah yang fasilitas laboratoriumnya terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design dan Development. Lab virtual ini dirancang menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Kelayakan laboratorium virtual ini dinilai oleh ahli komunikasi, ahli materi dan ahli praktisi, aboratorium virtual ini dirancang berdasarkan analisis program dan kebutuhan dan terdiri dari 31 halaman. Desain yang dihasilkan hadir dalam bentuk aplikasi (APK) dan versi HTML yang dapat diakses melalui smartphone Android dan browser Google Chrome. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat kelayakan dari berbagai ahli yaitu ahli materi 93,18% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media 91 % dengan kategori “Sangat Layak”, dan ahli praktisi 90,90% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil dari uji kelayakan berbagai ahli menunjukkan nilai 91,69% dengan kategori “Sangat Layak”, hal ini menunjukkan media layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji praktik dilakukan dengan mengumpulkan masukan dari siswa SMA yang memberikan hasil sangat positif dengan skor 90,85 dengan kategori “sangat praktis”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa laboratorium virtual yang dikembangkan sangat cocok untuk digunakan di kelas dan bermanfaat bagi siswa.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Annisa, Ayu R., Putra, Aminuddin P., Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 11 (1) Hal 72-80

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asandhimitra. (2004). Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 8-16.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dick and Carey. (1996). The Systematic Dessign of Instuction, New York: Harper Collins Publishers.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 1 (2). Hal 97-102

Mangengke, B. B., & Dwiningsih, K. (2020). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Pada Sub Materi Kimia Unsur Aluminium. UNESA Journal of Chemical Education, 9(1), 71–78.

Muhajarah, K., Sulthon, M., Dakwah dan Komunikasi, F., & Walisongo Semarang, U. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77–83.

Muchson, M., Munzil, M., Winarni, B. E., & Agusningtyas, D. (2019). Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1).

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, MP/MTs, SMA/MA. [Versi Elektonik].

Pratama, A., Hamid, T & A. Halim. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2 No 1. Hal 149-153

Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 5 (1). Hal 52-65

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovtech. 2 (1). Hal 1-8

Simbolon, D.H., dan Sahyar. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 21(3)

Siradjun, N., Suranto, J. & Pamuti. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual Biologi Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikatif Mahasiswa, Vol 5 (2) Hal 71-76

Suryanda, A., Rusdi, & Kusumati, D. (2017). Pengembangan Praktikum Virtual Urinalisis Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas XI. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 10 (1). Hal 1-8

Sugiyanto, dkk. 2013. “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital”. INVOTEC. Vol. 9 (2).

Wahyuni, S. (2010). Pengaruh Jenis Laboratorium Terhadap Respon Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA dan MIPA (Saintifika), 11 (1): 74-86

Wijayanto, dkk. (2018). Pentingnya pengembangan geography virtual laboratory (geo v-lab) sebagai media pembelajaran litosfer. Jurnal Pendidikan. Vol 3 (2). 119-125.


Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.