PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SOSIOSAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI BUMI DAN TATA SURYA

Ellina Maylani Sholeha(1), Wasilatul Murtafiah(2*), Wahyu Kristiani(3),

(1) PPG Prodi Pendidikan IPA, Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(3) SMP Negeri 4 Ngawi, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.51929

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 4 Ngawi melalui model pembelajaran problem-based learning (PBL) dengan pendekatan sosiosaintifik. Adapun jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Teggart. Subjek penelitian yang digunakan yaitu kelas VII A yang berjumlah 32 peserta didik. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan yaitu lembar tes yang didasarkan pada indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan sebagai kegiatan posttest di setiap akhir pembelajarannya. Kemudian data yang diperoleh dianalisis berdasarkan ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Hasil belajar ketuntasan klasikal pada materi bumi dan sistem tata surya digunakan sebagai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil ketuntasan klasikal terdapat peningkatan disetiap siklusnya. Siklus I memperoleh persentase sebesar 72% dan siklus II sebesar 91%. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dengan pendekatan sosiosaintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Media Planetarium pada Siswa Kelas VI SDN Semundal Tahun Pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(2), 308–315. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i2.761

Afiyati, N., Khaeruddin, & Ngandoh, S. T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Profesi Kependidikan, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Al-doulat, A. S. (2017). The impact of Teaching Using The STEM Approach in Acquisition of Scientific Concepts and Developing Scientific Thinking among Classroom-Teacher students at The University of Jordan. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 14(7), 29–38.

Alviaturrohmah, K., Fauziah, H. N., Aristiawan, A., & Kusumaningrum, A. C. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran PDEODE (Predict–Discuss–Explain–Observe–Discuss–Explain) Berorientasi pada Socio Scientific Issue terhadap Kemampuan Observasi Peserta Didik. In Jurnal Tadris IPA Indonesia (Vol. 1, Issue 2).

Ansyari, A. F., Mansyur, U., Indonesia, M., & Sastra, F. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 912–920.

Crismasanti, Y. D., & Yunianta, T. N. H. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vii Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open-Ended Pada Materi Pecahan. Satya Widya, 33(1), 73. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p73-83

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat5 Belajar5 Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. Jurnal JBSD, 4(2), 47–53. http://journal.uad.ac.id/index.php/jpsd/article/view/9594

Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 103–109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845

Ferdiansyah, Hamzah, B., & Said, I. (2017). Dengan Pendekatan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dolo. Mitra Sains, 5(1), 75–84.

Fowler, S. R., Zeidler, D. L., & Sadler, T. D. (2009). Moral sensitivity in the context of socioscientific issues in high school science students. International Journal of Science Education, 31(2), 279–296.

Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 2(2), 1–13.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Makhrus, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2022). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Salasiah, S., Hariyanto, D., Ahini, T., Widhiastuti, A., Adawiyah, R., Erdiningsih, E., Hermansyah, M. A., & Haryono*, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Secara Daring Melalui Lesson Study. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1), 20–32. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i1.23726

Simangunsong, H. H., Aulia, I., Hrp, A., Azhari, N. S., Afdilani, N., & Tanjung, I. F. (2022). Jurnal PTK dan Pendidikan Penerapan Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan Pada Materi Gen. PTK Dan Pendidikan, 8(2), 107–115. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.6806

Sutirman, M. P. (2013). Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 465 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.