PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOLOGI

Rifka Hamidah(1), Enny Susiyawati(2*),

(1) Prodi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48663

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains dan respon peserta didik setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.  Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Sidoarjo. Pada penelitian ini menggunakan tes dan angket dengan instrumen berupa tes literasi sains serta lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-Gain dan wilcoxon. Lembar angket respon dianalisis dengan mencari persentase jawaban “Ya”. Hasil penelitian menunjukkan skor rata rata N-Gain peserta didik yang diperoleh melalui pretest dan porttest adalah 0,59 dan berkategori sedang. Peserta didik merespon positif terhadap penerapan model Problem Based Learning pada materi ekologi dengan persentase 92,3% kategori sangat baik. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862

Arends, Richard. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGrawHill Education

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Galih, D. K., Budiyanto, M., & Purnomo, A. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 260–265. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1–14. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=10EI2q8AAAAJ&citation_for_view=10EI2q8AAAAJ:IjCSPb-OGe4C

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Lestari, I., Gultom, O. B. K., & Zebua, F. S. (2022). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan, 1(2), 92–98.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Nikmatin Mabsutsah, Sudarti, & Wachju Subchan. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Ibrahimy 3 pada Isu Pencemaran Lingkungan di Pelelangan Ikan Mimbo. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 29–36. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.471

Nuzula, N. F., & Sudibyo, E. (2022). N MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. 10(3).

OECD. (2018). Programme for international student assessment (PISA) result from PISA 2018. OECD Publishing.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Priatmoko, M. A. H. ; S. (2022). DESAIN INSTRUMEN TES TOSLS TERINTEGRASI SCHOOLOGY UNTUKMENGUKUR KETERAMPILAN LITERASI PESERTA DIDIK. Chemistry in Education, 11(1), 72–78. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00418.x

Pujiastutik, H., Pgri, U., & Tuban, R. (2018). Peningkatan Sikap Literasi Sains Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Parasitologi. Jurnal Biogenesis, 14(2), 61–66.

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73–80. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148

Qodriyah, L., Anekawati, A., & Azizah, L. F. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP BERDASARKAN LETAK WILAYAH KOTA DAN DESA DI KABUPATEN SUMENEP Lailatul. 2018, 1–2.

Qomariyah, W., Al Muhdhar, M. H. I., & Suarsini, E. (2019). Implementasi Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Metode SQ3R Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 374. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12134

Quraisy, A. (2020). Data Normality Using Kolmogorov-Smirnov and Shapiro-Wilk Tests. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11.

Ratnasari, A., & Sumini, S. (2019). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Sistem Ekskresi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Literasi Sains Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 1–11.

Setiawan, A. R. (2019). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(23), 1–8.

Soedardi, R. A. (2019). Does Religion Matter? Understanding Religion Subject for Formal Education. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jurnal Bandung: Alfabeta, 300.

Susilawati, Jamaluddin, & Bachtiar, I. (2018). Pengaruh model PBL berbantuan multimedia dan kemampuan akademik terhadap literasi sains siswa pada materi zat adiktif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS, 162–176. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO/article/view/649

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.

Tomovic, C., Mckinney, S., & Berube, C. (2017). Scientific Literacy Matters: Using Literature to Meet Next Generation Science Standards and 21 st Century Skills. K-12 STEM Education, 3(2), 179–191.

Utami, A. U. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 83–89. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i2.157

Winata, A., Cacik, S., & Seftia R. W., I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V Sdn Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 58. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.356


Article Metrics

Abstract view : 305 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.