PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOLOGI
(1) Prodi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48663
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862
Arends, Richard. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGrawHill Education
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Galih, D. K., Budiyanto, M., & Purnomo, A. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 260–265. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026
Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1–14. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=10EI2q8AAAAJ&citation_for_view=10EI2q8AAAAJ:IjCSPb-OGe4C
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Lestari, I., Gultom, O. B. K., & Zebua, F. S. (2022). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan, 1(2), 92–98.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Nikmatin Mabsutsah, Sudarti, & Wachju Subchan. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Ibrahimy 3 pada Isu Pencemaran Lingkungan di Pelelangan Ikan Mimbo. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 29–36. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.471
Nuzula, N. F., & Sudibyo, E. (2022). N MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. 10(3).
OECD. (2018). Programme for international student assessment (PISA) result from PISA 2018. OECD Publishing.
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.
Priatmoko, M. A. H. ; S. (2022). DESAIN INSTRUMEN TES TOSLS TERINTEGRASI SCHOOLOGY UNTUKMENGUKUR KETERAMPILAN LITERASI PESERTA DIDIK. Chemistry in Education, 11(1), 72–78. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00418.x
Pujiastutik, H., Pgri, U., & Tuban, R. (2018). Peningkatan Sikap Literasi Sains Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Parasitologi. Jurnal Biogenesis, 14(2), 61–66.
Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73–80. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148
Qodriyah, L., Anekawati, A., & Azizah, L. F. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP BERDASARKAN LETAK WILAYAH KOTA DAN DESA DI KABUPATEN SUMENEP Lailatul. 2018, 1–2.
Qomariyah, W., Al Muhdhar, M. H. I., & Suarsini, E. (2019). Implementasi Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Metode SQ3R Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 374. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12134
Quraisy, A. (2020). Data Normality Using Kolmogorov-Smirnov and Shapiro-Wilk Tests. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11.
Ratnasari, A., & Sumini, S. (2019). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Sistem Ekskresi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Literasi Sains Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 1–11.
Setiawan, A. R. (2019). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(23), 1–8.
Soedardi, R. A. (2019). Does Religion Matter? Understanding Religion Subject for Formal Education. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jurnal Bandung: Alfabeta, 300.
Susilawati, Jamaluddin, & Bachtiar, I. (2018). Pengaruh model PBL berbantuan multimedia dan kemampuan akademik terhadap literasi sains siswa pada materi zat adiktif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS, 162–176. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO/article/view/649
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Tomovic, C., Mckinney, S., & Berube, C. (2017). Scientific Literacy Matters: Using Literature to Meet Next Generation Science Standards and 21 st Century Skills. K-12 STEM Education, 3(2), 179–191.
Utami, A. U. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 83–89. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i2.157
Winata, A., Cacik, S., & Seftia R. W., I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V Sdn Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 58. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.356
Article Metrics
Abstract view : 305 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.