PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Lisa Nurahmi Muchlis(1), Nurhayani H. Muhiddin(2*), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48524

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk menghasilkan sebuah produk e-modul interaktif berbasis Canva yang bertujuan untuk mengetahui 1) Validitas e-modul interaktif berbasis Canva pada materi sistem ekskresi, 2) Kepraktisan e-modul interaktif berbasis Canva pada materi sistem ekskresi, 3) Peningkatan minat baca peserta didik kelas VIII SMPN 13 Makassar setelah menggunakan e-modul interaktif berbasis Canva pada materi sistem ekskresi, 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 13 Makassar setelah menggunakan e-modul interaktif berbasis Canva pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji coba produk ini dilaksanakan di SMPN 13 Makassar kelas VIII, dengan jumlah subjek 69 orang. Hasil analisis disimpulkan: 1) E-modul interaktif berbasis Canva yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, 2) Berdasarkan respons pendidik dan peserta didik, e-modul interaktif berbasis Canva dikatakan praktis dan sangat praktis, 3) Peningkatan minat baca peserta didik dengan N-gain 0,39 pada kategori sedang, 4) ) Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan N-gain 0,41 pada kategori sedang.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, F.A., Tawil, M. dan Rusli, M.A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KElas VIII (Studi pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal Ipa Terpadu, 4(1), 81-89.

Anisa, A.R., Ipungkarti, A.A., dan Saffanah. K.N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Search in Education: Conference Series Journal. 1(1), 1-12.

Anwar, K., dan Christiana, E. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching Literature and Applied Linguistic, 5(1), 62-69.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Grafindo Persada.

Aryani, R.P., Akhlis, I., dan Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality Pada Peserta Didik Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep IPA. Unnes Physics Education Journal, 8(2) 90-101.

Asri, A.S.T. dan Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. Journal of Science Education, 6(2), 465-473.

Azis, K., Wiharto., dan Saenab, S. (2018). Ensiklopedia Digital Tumbuhan Tingkat Tinggi dengan Fitur QR Code Sebagai Sumber Belajar Dunia Tumbuhan. Journal Biology Teaching and Learning, 1(2), 109-120.

Dewi, M.S.A., dan Lestari, N.A.P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433-441.

Dewi, R.S., Fahrurrozi., Hasanah, U., and Wahyudi, A. (2020). Reading Interest And Reading Comprehension A Correlational Study in Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta. Talent Development and Excellence, 12(1), 241-250.

Ferdiansyah, H., Haling, A., dan H, Nurhikmah. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesia Journal of Learning Education and Conseling, 3(2), 148-155.

Gregory, R.J. (2007). Psychological testing: history, principles, and applications. Boston, MA: Pearson.

Herawati, N.S., Sunaryana, N., dan Muhtadi, A. 2018. Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Imansari, N., Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa didik pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11-16.

Kemendikbud. (2018). “Perubahan Peran Pendidik di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi”, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/03/perubahan-peran-pendidik-di-era-teknologi-informasi-dan-komunikasi, diakses pada 25 Juni 2021.

Kurniawan, D.A., Astalini., dan Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Peserta didik SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124-139.

Kurniawan, D., dkk. (2015). Pengembangan Modul Interaktif dengan Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(6). 1-10.

Laili, I., Ganefri., dan Usmeldi. (2019). Evektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 306-315.

Mahardika, B.N., Degeng, I.N.S., dan Sitompul, N.C. (2021). E-Module Application Development Based on Android In Thematic Learning For 3rd Grade Elementary School. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 13-24.

Milala, H.F. et al. (2022). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(2), 195-202.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDIKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132.

Munir. (2008). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Pradnyana, I.K.A., Agustini, K. dan Santyasa. I.W. (2021). Pengembangan E-Mdul Interaktif Kolaboratif Pelajaran Komputer dan jaringan Dasar. Jurnal JEndela Pendidikan, 1(4), 218-225.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Samiasih, R., dkk. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Edcomtech, 2(2), 119-124.

Siagian, D.P. dan Yasthophi, A. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 64-73.

Sholeh, M., Rachmawati, Rr.Y., Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunandar, R., Rusli, M.A. dan Saenab, S. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Simulasi PHET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Dua Pitue Kalosi. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 102-108.

Wiratama, G.N.K. dan Margunayasa, I.G. (2021). E-modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 dan Tema 5. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 258-267.


Article Metrics

Abstract view : 238 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.