ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH FISIKA DASAR PRODI S1 PENDIDIKAN IPA

Putu Prima Juniartina(1*), Nia Erlina(2),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48487

Abstract


Tujuan penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan profil minat belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa semester 1 Prodi S1 Pendidikan IPA terhadap matakuliah Fisika Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian mix methods dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dari populasi sebanyak 42 mahasiswa, 1 orang dosen IPA pengajar Fisika, 2 orang laboran. Objek dalam penelitian ini adalah minat belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa terhadap mata kuliah Fisika Dasar. Data profil minat belajar didapat menggunakan metode survei dengan kuesioner tertutup dan wawancara, dan data mengenai faktor yang mempengaruhi minat belajar diperoleh melalui kuesioner terbuka dan wawancara. Data minat belajar mahasiswa dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data faktor yang mempengaruhi minat belajar dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Profil minat belajar mahasiswa S1 Pendidikan IPA terhadap matakuliah Fisika Dasar menunjukkan 42% mahasiswa memiliki minat belajar sangat tinggi, 45% mahasiswa tinggi dan 13% mahasiswa tergolong sedang. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa S1 Pendidikan IPA terhadap matakuliah Fisika Dasar terdiri atas faktor internal yaitu kesehatan/jasmani, motivasi, intelegensi dan faktor eksternal yaitu keluarga, guru, teman, fasilitas belajar, dan internet.

Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., dan Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. Volume 4. Nomor 2 (hlm. 47-53).

Hewi, La & Muh. Saleh. (2020). “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Anak Usia Dini”, dalam Jurnal Golden Age Universitas Hanzamwadi 4, no. 1 (2020): 30 – 41

Putri, I. D. C. K. and Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), pp. 721–724.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., dan Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MA Al-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Satistika Dasar. Journal On Education. Volume 1. Nomor 3 (hlm. 386-395).

Ricardo dan Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 2. Nomor 2 (hlm. 188-201).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., dan Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbaar Ilmu. Volume 23. Nomor 3 (hlm. 237-244).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustikah, S., Sadi, H., dan Misnah. 2019. Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Palu Pasca Gempa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Volume 7. Nomor 2 (hlm 209-228).

Sutikno, Y. (2021). Minat Belajar Mahasiswa STAB Maitreyawira. Jurnal Maitreyawira. Volume 2. Nomor 2 (hlm35-42)

Nesi, M., dan Akobiarek, M. (2018). Pengaruh Minat dan Penggunaan Metode terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 80-94).

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS. INAP: Puspendik.

Trianto. (2012). Pengantar Penelitian Pendididkan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana

Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.