DESKRIPSI ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU AJAR MATA PELAJARAN IPA SMP KELAS VII SEMESTER GANJIL

Wayan Trisnawati(1), Sitti Rahma Yunus(2*), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48481

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek keterampilan proses sains pada buku ajar mata pelajaran IPA SMP Kelas VII semester ganjil. Penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Teknik purposive sampling adalah teknik yang diterapkan dalam mengambil sampel. Sampel yang diambil bergantung pada buku yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan, dengan kriteria pengambilan sampel merupakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPA kelas VII Sementer Ganjil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi. Keterampilan proses sains yang digunakan yaitu keterampilan proses sains dasar dan terintegrasi dengan menganalisis dua materi pada buku. Teknik analisis data deskriptif digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil perolehannya adalah (1) Pada materi Objek IPA dan Pengamatanya diperoleh persentase 100% pada KPS Dasar dengan kategori tinggi dan 14,28% pada KPS Terintegrasi dengan kategori rendah, (2) Pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup diperoleh Persentase 66,66% dengan kategori sedang dan 14,28% pada KPS Terintegrasi dengan kategori rendah.


Full Text:

PDF

References


Banowati, E. (2007). Buku Teks dalam Pembelajaran Geografi di Kota Semarang. Jurnal Geografi UNNES, 2007. tersedia di http://portalgaruda.org/download_article.php?article=136593&val=5671.

OECD. (2019). PISA 2018. Combined Executive Summaries. Volume I, II & III.

Prataami, R.Y.(2016). Analisis Buku Teks Pelajaran Fisika Smp Kelas Ix Di Kota Bandung Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Pusbuk Depdiknas. (2003). Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. Jakarta: Pusbuk.

Puspita, A.R. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains LKPD Sel di SMA Negeri Kota Bekasi. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY, 6 (3)

Putra,I.A. Eko, S. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Bahan Ajar Multimedia Interaktif Alat Ukur Dan Pengukuran Dengan Pendekatan Behavioristic, Physics Education Journal. 1, (2), 91-102

Ramadhani, P.R., Akman., Desnita & Yenni.D. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1. Pillar of Physics Education. 12, (4) 649-656.

Rezba. (1999). Learning and Asessing science process skill Four Edition. Kendall: Hunt Publishing Company Lawa.

Sandi, M. I. (2013). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Widodo, W. dkk. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jakarta: Kemendikbud RI

Wilkinson, J. (1999). A Quantitative Analysis of Physics Textbooks for Scientific Literacy Themes. La Trobe University, Research in Education. tersedia di http://link.springer.com/article/10.1007%2FBF02461600.

Yulianingsih., & Mohamad, A.R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Buku Tematik Kelas V Tema Panas Dan Perpindahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 7 (1) 81-89.

Yusefni, W., Sriyati, S. (2016). Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan pendekatan science ariting heuristic untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tulisan siswa SMP. Edusains, 8(1), 9- 17.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.