PENERAPAN E-MODUL BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS VIII SMPN 1 BUNGORO

Taufiqurrahman Taufiqurrahman(1), Muhammad Aqil Rusli(2*), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48437

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui   (1) Jenis skor Higher Order Thinking Skills( HOTS) siswa sebelum mempraktikkan E- modul berbasis Guided Inquiry, (2) Jenis skor HOTS siswa setelah mempraktikkan E- modul berbasis Guided Inquiry, (3) Jenis kenaikan HOTS peserta didik, serta (4) peningkatan HOTS peserta didik pada penerapan E-modul berbasis guided inquiry. Metode penelitian ini adalah pra- eksperimen dengan desain One group Pre-test Posttest. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VIII pada SMPN 1 Bungoro, yg diseleksi menggunakan metode purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas menggunakan total 54 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk uji pretest dan uji posttest dengan soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan pendekatan naratif serta inferensial. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) sebelum mempraktikkan E- modul berbasis guided inquiry, skor HOTS peserta didik mempunyai rata- homogen skor totalitas sebanyak 5,54 yg masuk dalam jenis kurang, (2) setelah mempraktikkan E- modul berbasis guided inquiry, skor HOTS siswa memiliki rata- homogen skor totalitas sebanyak 9,97, yang masuk dalam kategori  lumayan, (3) terdapat kenaikan yg terkategori rendah pada skor HOTS siswa sebesar 0,26, dan (4) terdapatnya kenaikan yg signifikan dalam HOTS peserta didik sesudah mempraktikkan E- modul berbasis guided inquiry.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII Di SMPN Muhammadiyyah 5 Surakarta.Tahun Ajaran 2016/2017. Paper dipresentasikan pada Universitas Muhammadiya Surakarta.

Arifin, A. (2020).Mengetahui Rumus Cara Menghitung Standar Deviasi Dan Manfaatnya Dalam Sebuah Penelitian.Diakses 17 Januari 2020.

Arikunto. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.

Conklin, W. & Manfro, J. (2012). Strategies For Developing Higher-Order Thinking Skills. Shell Educational Publishing.

Charli, L. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Suhu dan Kalor Di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Ajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI). 1(1).

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thingking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma 1. 1. 170-176

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Dan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27-34.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Kholiq, A., & Faridah, F. (2019). Pencapaian High Order Thingking Skills (HOTS) Dalam Membaca Pemahaman Mahasiswa Universitas Islam Lamongan. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 2(2), 1-7.

Maharani, A. D., & Titik, S.U. (2019). HOTS Pada Asessmen Pembelajaran Tematik Muatan Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 1.

OECD. (2020). Pisa 2024 Strategic Vision And Direction For Science. Diakses Tanggal 4 Februari 2022 Dari Https://Www.Oecd.Org/Pisa/Publications/Pisa-2024-Science-Strategic-Vision-Proposal.Pdf

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85-92

Priyasmika, R., & Ika, F. Y. (2017) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dan Pengaruhnya Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau Dari Literasi Kimia. Jurnal of Chemistry Education Resacrh. 1(1). 1-12

Qoridatullah, A., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengembangan E-modul Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 33-40.

Riduwan. (2018) . Dasar–Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sabar & Maureen. (2014). Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP-UNESA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 5(2). 1-13

Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis HOTS Dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, W. dkk. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sunarno, W., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Materi Momentum Impuls. PROCEEDING UMSURABAYA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiro. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Yuniarti, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Masalah Ekonomi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang; Semarang

Wahyuni. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1). 134-142

Winarno, W., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Tema Energi. Inkuiri: Jurnal Pendidikan Ipa, 4(1), 82-91.

Zahid, M. Z. (2020, March). Telaah kerangka kerja PISA 2021: era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 706-713).


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 0 times

Refbacks



Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.