PENERAPAN MODEL PBL TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP
(1) PPG Prajabatan Pendidikan IPA, Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48435
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afdalia, Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 68–71.
Angelita Stevani, M., Simatupang, H., & Sinaga, D. (2023). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu. 6(1).
Awan, R.-U.-N. (n.d.). Effects of Problem Based Learning on Students’ Critical Thinking Skills, Attitudes towards Learning and Achievement. https://www.researchgate.net/publication/323393748
Bedemo, S. (2020). Effects of Problem Based Learning on Students’ Achievement and Attitude Towards Physics (Mechanics): The Case of Gilgel Beles College of Teachers Education. Science Journal of Education, 8(3), 71. https://doi.org/10.11648/j.sjedu.20200803.12
Fiky Mayshandy, M., Ketut Mahardika, I., Budiarso, A. S., & Kunci, K. (2021). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP KELAS VII MATERI PEMANASAN GLOBAL. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, VII. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi
Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Halimah Khaerani, S., Dwi Utami, S., & Mursali, S. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. In JOUrnal of Banua Science Education E (Vol. 1, Issue 1).
Huda, C., Siswoningsih, D., & Nuvitalia, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Sains Berbasis Local wisdom pada pembahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 89–94. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5827
Listyo Wardana, H., & Mustika Kartika Sari, M. (n.d.). PARTISIPASI KELOMPOK PELINDUNG HUTAN DAN PELESTARI MATA AIR (KEPUH) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN.
Lubis, S. P. W., Suryadarma, I. G. P., Paidi, & Yanto, B. E. (2022). The Effectiveness of Problem-based learning with Local Wisdom oriented to Socio-Scientific Issues. International Journal of Instruction, 15(2), 455–472. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15225a
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRIKAYA PARISUDHA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 98–107.
Niswatul Khair, B., & Syazali, M. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3338
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Nuriyanti, D. D., Haris, A., Asmawati, & Palennari, M. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. JURNAL IPA TERPADU, 7(1), 52–61.
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Sarira, P. M., Priyayi, D. F., Puji, S., Universitas, A., & Wacana, K. S. (2019). HUBUNGAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2).
Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022