PENERAPAN MODEL PBL TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Maulidiyani Fuadati(1*), Andista Candra Yusro(2),

(1) PPG Prajabatan Pendidikan IPA, Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48435

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA di SMPN 1 Kesamben melalui pembelajaran problem-based learning (PBL) terintegrasi kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik. Dalam penelitian iini, peningkatan hasil belajar IPA menggunakan analisis data statistik deskriptif dengan indikator keberhasilan dengan hasil rata-rata dan persentase kelulusan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwai pada siklusi 1 hanya terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari 59 menjadi 70 dan belum mencapai KKM sehingga belum dinyatakan berhasil. Perbaikan dilanjutkan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata kelas menjadi 84 dan dinyatakan berhasil karena mencapai indikator keberhasilan. Persentase kelulusan kelas juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 30% dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian implementasi model PBL terintegrasi kearifan lokal mampu meningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 7 di SMPN 1 Kesamben tahun ajaran 2022/2023.

Full Text:

PDF

References


Afdalia, Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 68–71.

Angelita Stevani, M., Simatupang, H., & Sinaga, D. (2023). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu. 6(1).

Awan, R.-U.-N. (n.d.). Effects of Problem Based Learning on Students’ Critical Thinking Skills, Attitudes towards Learning and Achievement. https://www.researchgate.net/publication/323393748

Bedemo, S. (2020). Effects of Problem Based Learning on Students’ Achievement and Attitude Towards Physics (Mechanics): The Case of Gilgel Beles College of Teachers Education. Science Journal of Education, 8(3), 71. https://doi.org/10.11648/j.sjedu.20200803.12

Fiky Mayshandy, M., Ketut Mahardika, I., Budiarso, A. S., & Kunci, K. (2021). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP KELAS VII MATERI PEMANASAN GLOBAL. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, VII. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Halimah Khaerani, S., Dwi Utami, S., & Mursali, S. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. In JOUrnal of Banua Science Education E (Vol. 1, Issue 1).

Huda, C., Siswoningsih, D., & Nuvitalia, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Sains Berbasis Local wisdom pada pembahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 89–94. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5827

Listyo Wardana, H., & Mustika Kartika Sari, M. (n.d.). PARTISIPASI KELOMPOK PELINDUNG HUTAN DAN PELESTARI MATA AIR (KEPUH) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN.

Lubis, S. P. W., Suryadarma, I. G. P., Paidi, & Yanto, B. E. (2022). The Effectiveness of Problem-based learning with Local Wisdom oriented to Socio-Scientific Issues. International Journal of Instruction, 15(2), 455–472. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15225a

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRIKAYA PARISUDHA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 98–107.

Niswatul Khair, B., & Syazali, M. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3338

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Nuriyanti, D. D., Haris, A., Asmawati, & Palennari, M. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. JURNAL IPA TERPADU, 7(1), 52–61.

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Sarira, P. M., Priyayi, D. F., Puji, S., Universitas, A., & Wacana, K. S. (2019). HUBUNGAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2).

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022