PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST PADA SUB MATERI INTERAKSI ANTARA KOMPONEN PENYUSUN SUATU EKOSISTEM

Anisa Bella(1*), Yasmine Khairunnisa(2), Ellyna Hafizah(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48403

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran berbasis podcast yang dilengkapi dengan handout dalam tahap uji cobanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran berbasis podcast pada sub materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan serta menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa (1) media pembelajaran memiliki kategori sangat valid dengan persentase skor sebesar 90%, (2) media pembelajaran dikategorikan sangat praktis dengan persentase skor 88,19%, dan (3) media pembelajaran dikategorikan efektif dengan memperoleh skor n-gain sebesar 0,9 yang termasuk pada kriteria tinggi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa media pembelajaran berbasis podcast pada sub materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem adalah media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S. R. & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Podcast Narasi Menggunakan Aplikasi Anchor untuk Pembelajaran Menyimak Teks Fiksi di Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10(9), 1882 - 1892.

Agustina, E., Yuliani, H., & Azizah N. (2023). Pemanfaatan Handout Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 2 Sebamban. Ahsana: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-6. doi:10.25008/ahsana.v1i1.310

Aisah, D. S., Muttaqin, M., Maryanti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajran INSTAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekosistem. Journal Transformation of Mandalika, 2(3), 191-200.

Ananda, F. T., Ramadhani, F. A., Fadilah, J. P., Ramadhani, S., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Pada Materi IPS di SD. Indonesian Journal of Social Science Education, 4(1), 59-66. doi:http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.6678

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmi, A. R., Dhita, A. N., & Supriyanto. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(1), 49-56. doi:https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.21017

Drew, C. (2017). Educational Podcasts: A Genre Analysis. E-Learning and Digital Media, 14(4), 201–211. doi:10.1177/2042753017736177

Guler, S. & Ozkan, Y. (2018). Podcast Applications in Pre-service Language Teacher Education from a Constructivist Perspective. World Journal on Educational, 10(3), 132-133.

Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 6-16.

Ihzani, Z. & Wulandari, F. E. (2022). Pengaruh Media Podcast Sains Sahabat Sebagai Teman Belajar IPA terhadap Hasil Belajar Pasca Pandemi Covid. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 793-799.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D.. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5331 - 5341. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896

Mardiningsih, M. (2022). Media Podcast untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas IX-A SMP Negeri 4 Madiun Tahun 2021-2022. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner, 3(4), 60-64.

Nurhidayah, L., Riandi, & Solihat, R. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Topik Ekosistem. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 12-17. doi:https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23303

Pahrul, Y. & Amalia, R. (2021). Metode Bermain dalam Lingkaran untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464-1471.

Pairikaes, I., Benufinit, Y. A., & Manu, G. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Podcast pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(1), 35-41.

Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., Wilujeng, I. T., Putri, N. N., & Nafisah, D. (2023). Pemanfaatan Podcast Spotify sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135-143.

Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis STEM pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117-123. doi:10.26877/jp2f.v12i2.7900

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144-156.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, R. D., Sutama, & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19, 4(1), 68-78.

Umniyyah N. & Hidayat, R. (2021). Pengembangan Media Berbasis Audio Melalui Podcast Spotify untuk Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 34-39. doi:10.17977/um066v1i12021p34-39

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251-258.


Article Metrics

Abstract view : 441 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.