PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LINGKUNGAN BERDASARKAN ANATOMI BATANG, DAUN, DAN SULUR NEPENTHES MIRABILIS

Syoti Vellia Lorenza(1), Yennita Yennita(2), Ariefa Primair Yani(3), Dewi Jumiarni(4), Sri Irawati(5), Neni Murniati(6*),

(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(5) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(6) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.44344

Abstract


Pendidikan bersifat dinamis sehingga menuntut adanya suatu perbaikan secara terus menerus. Peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang wajib dilakukan secara berkesinambungan guna menjawab perubahan zaman. Salah satu cara untuk meningkatan mutu pendidikan adalah dengan mengembangkan bahan ajar. Contoh bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah LKPD terutama LKPD berbasis lingkungan. Keberadaan tumbuhan Kantong Semar di Bengkulu masih banyak dijumpai terutama di lokasi lahan rawa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi keanekaragaman hayati berdasarkan struktur anatomi batang, daun dan sulur Nepenthes mirabilis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan Pengembangan (Research and Development) mengacu pada model Borg and Gall. Hasil penelitian berupa hasil validasi LKPD yang disusun peneliti memperoleh rerata persentase validasi sebesar 91 % dengan kriteria sangat valid dan rerata persentase uji keterbacaan oleh peserta didik sebesar 81,53 % dengan kriteria sangat baik sehingga produk lembar kerja peserta didik yang telah dikembangkan sangat layak dan baik digunakan pada uji coba proses pembelajaran biologi.


Full Text:

PDF

References


Astuti, R. R., Supriati, R., & Dewi, G. (2012). Inventarisasi Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes Spp) di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Konservasi Hayati, 8(01), 16-21.

Aswin, Pani. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X Berdasarkan Hasil Eksplorasi Kantong Semar (Nepenthes spp) di Bengkulu. (Skripsi Tidak dipublikasikan). Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Bella, A., Ruyani, A., & Yennita, Y. (2020). LKPD Berbasis Discovery Learning Berdasarkan Keragaman Kura-Kura Sumatera di Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 40-46. doi: 10.33369/diklabio.4.1.40-46.

Deta, W. S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Tumbuhan Obat Suku Lembak Delapan Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 8-16. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.8-16

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Maryati, M., Yani, A. P., & Irawati, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Hasil Observasi Keanekaragaman Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera indica). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 68-75. doi: 10.33369/diklabio.2.1.68-75.

Oktaviani, Sonia. (2019). Pengembangan Lembar Peserta Didik (LKPD) pada Materi Jamur untuk SMA Berdasarkan Inventarisasi Kapang Buah di Kota Bengkulu. (Skripsi Tidak dipublikasikan). Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priyanti, I., Ariefa, P.Y., & Kasrina, K. (2009) Inventarisasi Kantong Semar (Nepenthes spp) di Cagar Alam Danau Dusun Besar Kota Bengkulu Sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi Di SMA pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati (Doctoral dissertation, Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Guru UNIB).

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Uniati, Orin. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Jeniss Tanaman Di Green Chemistry dan Kebun Biologi Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 17-24.

Widyantini, T. (2013). Penyusunan Lembar Kerja Siswa Sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Yasir, M., Susantini, E., Isnawati. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Jurnal BioEdu, 2(1), 77-83.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.