PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BALI PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA SMP

Ida Ayu Komang Puspawati(1), I Nyoman Suardana(2*), Kompyang Selamet(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.43872

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal  pada topik klasifikasi materi dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun, penelitian ini dilakukan hingga tahapan develop. Penilaian validitas meliputi dua orang Ahli Pendidikan IPA. Subjek penelitian ini meliputi lima orang guru IPA dan sepuluh orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada. Data yang diperoleh terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan instrument pedoman wawancara dan lembar penilaian angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebagai berikut. (1) produk  memperoleh skor 1,00 yang tergolong kriteria sangat valid (2) produk memperoleh skor 3,59 yang  tergolong kriteria praktis, (3) produk memperoleh skor 3,43  yang tergolong ke dalam kategori terbaca. Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA bermuatan kearifan lokal pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya yang telah dikembangkan berpotensi untuk digunakan dalam pembelajaran dan layak diuji ke tahap uji efektivitas kelompok besar.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabani, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Ananingtyas, Ratika Sekar Ajeng. 2020. Analisis Uji Keterbacaan Modul Fisika Berbasis STEM Education Materi Usaha dan Energi. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 5(4): 796-801.

Andriani, Ineke Devi., & Dewi Retno Mustika. 2021. Pengembangan Media Tebak Kata pada Materi Bank Sentral Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 9(2):95-110.

Annisa, Ayu Rizki., Putra, Aminuddin Prahartama., & Dharmono. 2020. Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Marcromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 11(1): 72-80.

Ayuni, Ni Luh Putu Oktiyana Rista., Suardana, I Nyoman., & Priyanka, Luh Mitha. 2021. Kajian Etnosains Proses Produksi garam Amed Sebagai Pendukung Materi Pembelajaran IPA SMP. Jurnal IPA terpadu. 5(1): 54-63.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP

Dewi, Nuriana Rachmani., & Arini, Florentina Yuni. 2018. Uji Keterbacaan pada Pengembangan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Prisma. (1):299-303.

Febriyanti, Erica, dan Subiki. 2017. The Development of Science Learning Module Based On Brass Local Wisdom in the Subject of Heat in Junior High School. International Journal of Advanced Research. Vol 5. No 9.

Indraningrum, Ambarsari., dkk. 2017. Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis IQRA Tema Lingkungan Pantai Untuk Memberdayakan Karakter Religius Siswa SMP/MTs Kelas VII Semester II. Jurnal Inkuiri. Vol 6 No 3.

Irawan, Ardy. & Hakim, M. Arif Rahman. 2021. Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Phytagoras. Volume 10 Nomor 1.

Kemendikbud. 2013. Pembelajaran Kontekstual dan Terpadu. Jakarta: Pusbang Tendik.

Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Listyawati, Muji. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education. Volume 1.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Nata, Pengi Rangga. 2021. “Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Pada Materi Keanekaragaman Mahluk Hidup (Identifikasi dan Pemanfaatan Tanaman Tighau Mato Kerbau) di SMPN 1 Ulu Musi”. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Pertiwi, Woro Jati., dkk. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnosains pada Konsep Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 15(1).

Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Safitri, Aida Nurul., dkk. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha dan energy di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(1).

Setiawan, Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sriandi, Desak Nyoman. 2022. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Discovery Learning Tema Olahraga Jantung Sehat. Jurnal IPA Terpadu. 6(2): 127-137.

Suprihatin, Siti., & Manik, Yuni Mariani. 2020. Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Metro. 8(1): 65-72.

Rahmania., Ramlawati.,& Rusli, Muhammad Aqil. 2020. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Cahaya dan Optik. Jurnal IPA Terpadu. 4(1):12-22.

Rahmatih, A. N. Maulyda, M.A., & Syazali, M. 2020. Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar MIPA. 15(2): 151-156.

Wahyuni, Tutik Sri. 2010. “Kajian Pemahaman Konsep Materi dan Perubahannya pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tulungagung”. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Warpala, I Wayan Sukra., dkk. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mata Pelajaran Sains SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 4(3).

Widiya, Mareta., Lokaria, Eka., & Sepriyaningsih. 2021. "Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5): 3314-3320.

Widyasari, Amalia Kikin. 2019. “Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Fisika Bebrbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri”. Skipsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yuliadewi, I Gusti Agung Mas Dita. 2021. “Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII”. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.


Article Metrics

Abstract view : 273 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.