PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, KETERAMPILAN, DAN SIKAP SISWA

Indrayani Nur Wulandari(1*), Herman Herman(2), Rahmia Rahmia(3),

(1) SMP Negeri 35 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) SMP Negeri 6 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.43276

Abstract


Mayoritas metode pengajaran pada SMPN 35 Batam adalah metode ceramah. Kelemahan metode ini adalah kurangnya pelibatan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa tidak aktif dan berdampak pada rendahnya tingkat pemahaman yang ditandai dengan rendahnya nilai kognitif siswa. Tindak lanjut dari temuan tersebut adalah diperlukan percobaan (trial) dengan menggunakan model pembelajaran lain yaitu model pembelajaran berbasis masalah (Problem-based Learning) dalam rangka meningkatkan interaksi, keaktifan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memahami materi dengan menggunakan Problem based learning. Adapun metode pengumpulan data untuk penilaian sikap dan keterampilan akan digunakan metode observasi sedangkan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa akan digunakan metode tes. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya nilai kognitif, keterampilan dan aspek sikap setiap siswa. Nilai rata-rata kemampuan kognitif meningkat yaitu pada siklus I, 56,5, siklus II, 66 dan siklus III, 68,5. Nilai keterampilan juga meningkat dari siklus I, 71, siklus II, 75 dan siklus III, 79,2. Kemudian untuk nilai rata-rata aspek sikap juga meningkat dari siklus I, 61,7 Siklus II, 69,2 dan Siklus III, 72,5. Berdasarkan uraian data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-based Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa dan juga nilai keterampilan, aspek sikap dan kemampuan kognitif siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Abuddin Nata. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Nana Sudjana. (1991). Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Duch. (1995). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Leonda, M.A., Desnita, dan Agus (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem base learning untuk Materi Usaha dan Energi di SMA. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional Fisika ke-5, Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sari, Lisna Siti Permana Sari dan Moersetyo Rahadi (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3, Nomor 3.

Ersandy, Mukhammad Ery Kurniawan (2017). Efektivitas Metode Ceramah Dalam Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fikih. (SKRIPSI). STAIN Kediri, Kediri.

Sihombing, Astried Sarah (2017). Perbandingan Model Problem Based Learning disertai Demonstrasi Dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil belajar Kimia Siswa Pada Materi Konsep Redoks. (SKRIPSI) Universitas Negeri Medan, Medan.

Gafar, A. A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung.Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Nomor VII, 12

Hasrul Bakri. (2009). Peningkatan minat belajar praktek menggulung trafo melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada siswa Smk Negeri 3 Makassar. Jurnal Medtek Vol 1 Nomor 1 April, 2-8.

Yunin, N.N. & Wardan, S. (2014). Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan vokasi.

Asrul., Ananda, Rusydi. et.al. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Med

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmayanti, Esty (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.

Pardjono. (2007). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.