PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, KETERAMPILAN, DAN SIKAP SISWA
(1) SMP Negeri 35 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) SMP Negeri 6 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.43276
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Abuddin Nata. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Nana Sudjana. (1991). Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI.
Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Duch. (1995). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Leonda, M.A., Desnita, dan Agus (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem base learning untuk Materi Usaha dan Energi di SMA. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional Fisika ke-5, Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sari, Lisna Siti Permana Sari dan Moersetyo Rahadi (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3, Nomor 3.
Ersandy, Mukhammad Ery Kurniawan (2017). Efektivitas Metode Ceramah Dalam Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fikih. (SKRIPSI). STAIN Kediri, Kediri.
Sihombing, Astried Sarah (2017). Perbandingan Model Problem Based Learning disertai Demonstrasi Dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil belajar Kimia Siswa Pada Materi Konsep Redoks. (SKRIPSI) Universitas Negeri Medan, Medan.
Gafar, A. A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung.Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Nomor VII, 12
Hasrul Bakri. (2009). Peningkatan minat belajar praktek menggulung trafo melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada siswa Smk Negeri 3 Makassar. Jurnal Medtek Vol 1 Nomor 1 April, 2-8.
Yunin, N.N. & Wardan, S. (2014). Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan vokasi.
Asrul., Ananda, Rusydi. et.al. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Med
Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag.
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahmayanti, Esty (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.
Pardjono. (2007). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 141 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.