ANALISIS TUGAS PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS X SMA

Nur Khairah Sukma(1), Firdaus Daud(2), Faisal Faisal(3*),

(1) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.39016

Abstract


Keterampilan proses sains merupakan salah satu kompetensi yang ditekankan pada kurikulum, termasuk untuk mata pelajaran biologi. Untuk mendukung implementasi keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi, beberapa penulis dan penerbit memasukkan beragam tugas pembelajaran berbasis keterampilan proses sains pada buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan jumlah tugas-tugas pembelajaran berbasis keterampilan proses sains yang terdapat pada buku teks biologi kelas X SMA/MA. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh tugas- tugas pembelajaran pada Buku Teks Kelas X SMA/MA terbitan Erlangga tahun 2016. Data hasil penelitian diperoleh dengan mendokumentasikan seluruh tugas-tugas pembelajaran kemudian dianalisis dengan menggunakan instrumen ITAI (Inquiry- based Tasks Analysis Inventory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beragam keterampilan proses sains yang tersebar dalam dua kelompok tugas, yaitu tugas mandiri dan tugas kegiatan. Tiga jenis keterampilan proses sains yang terbanyak, yaitu keterampilan mengamati (17 tugas), keterampilan mengkomunikasikan (15 tugas), dan keterampilan mengklasifikasikan (8 tugas). Selain itu, terdapat juga jenis keterampilan proses sains yang tidak terwakili pada tugas-tugas pembelajaran pada buku teks biologi, diantaranya keterampilan memprediksi, keterampilan mendefinisikan secara operasional, keterampilan merumuskan hipotesis, dan keterampilan mengajukan pertanyaan. Penulis dan pendidik sebaiknya mengintegrasikan keterampilan-keterampilan ini baik dalam penulisan buku teks ataupun dalam pengembangan bahan ajar.

Full Text:

PDF

References


Aliyah. & Erman. 2021. Analisis Unsur-Unsur Keterampilan Proses Sains Dalam Buku IPA SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9 (2) 147-153. https://ejurnal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Ginting, V. E., & Suriani, C. 2017. Analisis Tingkat Literasi Sains Buku Teks Biologi Kelas XI Pada Materi Sistem Saraf Di SMA Se- Kecamatan Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1) 007-012 https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.8900

Hilpan. 2014. Analisis Ketersediaan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Fisika Kelas XI Pada Konsep Fluida. (Tesis). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ilmi, N., Desnita., Erfan, H., & Betty, Z. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5(1). http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2016/

Mahmudah L. 2016. Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary, 4 (1). http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047

Paupla. 2009. Tugas Pembelajaran: Definisi dan Asumsi. Di akses tanggal 7 Maret 2022 dari https://hikmatpembaharuan.wordpress.com/2009/01/24/tugas-pembelajaran-definisi-dan-asumsi/

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramadhani, P. R., Akmam., Desnita., & Yenni, D. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1. Pillar of Physics Education, 12 (4). 649-656 http://repository.unp.ac.id/38106/1/36%20DESNITA%207130-14002-1-PB.pdf

Santiani. 2011. Kemampuan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika Stain Palangka Raya Pada Praktikum Fisika Dasar I. Jurnal Education Sains, 1(2). https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/9/8

Saleh, SY., Nurhayani, HM., & Muhammad, AR. 2020. Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2). 75-86. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, F. 2012. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal penelitian pendidikan, 13 (1). http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1393

Rosita, E., Hilma, T., Sofa, A. & Sofyan, S. 2019. Analisis Penyusunan Buku Teks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article

Yang., & Liu. 2016. Content Analysis of Inquiry-based Tasks in High School Biology Textbooks in Mainland China. International Journal of Science Education, 41 (6). 827-845 https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1584418

Yulianti, Y. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2 (2). http://dx.doi.org/1031949/jcp.v2i2.335


Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.