ANALISIS TUGAS PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS X SMA
(1) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.39016
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aliyah. & Erman. 2021. Analisis Unsur-Unsur Keterampilan Proses Sains Dalam Buku IPA SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9 (2) 147-153. https://ejurnal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Ginting, V. E., & Suriani, C. 2017. Analisis Tingkat Literasi Sains Buku Teks Biologi Kelas XI Pada Materi Sistem Saraf Di SMA Se- Kecamatan Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1) 007-012 https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.8900
Hilpan. 2014. Analisis Ketersediaan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Fisika Kelas XI Pada Konsep Fluida. (Tesis). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Ilmi, N., Desnita., Erfan, H., & Betty, Z. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5(1). http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2016/
Mahmudah L. 2016. Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary, 4 (1). http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047
Paupla. 2009. Tugas Pembelajaran: Definisi dan Asumsi. Di akses tanggal 7 Maret 2022 dari https://hikmatpembaharuan.wordpress.com/2009/01/24/tugas-pembelajaran-definisi-dan-asumsi/
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ramadhani, P. R., Akmam., Desnita., & Yenni, D. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1. Pillar of Physics Education, 12 (4). 649-656 http://repository.unp.ac.id/38106/1/36%20DESNITA%207130-14002-1-PB.pdf
Santiani. 2011. Kemampuan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika Stain Palangka Raya Pada Praktikum Fisika Dasar I. Jurnal Education Sains, 1(2). https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/9/8
Saleh, SY., Nurhayani, HM., & Muhammad, AR. 2020. Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2). 75-86. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, F. 2012. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal penelitian pendidikan, 13 (1). http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1393
Rosita, E., Hilma, T., Sofa, A. & Sofyan, S. 2019. Analisis Penyusunan Buku Teks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article
Yang., & Liu. 2016. Content Analysis of Inquiry-based Tasks in High School Biology Textbooks in Mainland China. International Journal of Science Education, 41 (6). 827-845 https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1584418
Yulianti, Y. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2 (2). http://dx.doi.org/1031949/jcp.v2i2.335
Article Metrics
Abstract view : 213 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.