MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS BERTEMA

Adhitya Chandra Permana(1*),

(1) SMP Negeri 1 Juwangi, Jawa Tengah, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.37883

Abstract


Pengamatan dan tes pada tahap awal penelitian menunjukkan rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 21,88%. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui discovery learning berbantuan LKS bertema. Penelitian ini memperkuat penelitian terdahulu terkait implementasi discovery learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar angket divalidasi oleh ahli, sedangkan instrumen soal tes divalidasi secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran discovery berbantuan LKS bertema dapat meningkatkan rata-rata aktivitas siswa sampai nilai 93,75%, serta meningkatkan rata-rata hasil belajar IPA menjadi 71,61 dengan tingkat ketuntasan klasikal 78,13%. Siswa menerima LKS bertema dengan skor rata-rata kepuasan sangat tinggi. Penelitian ini tidak meneliti data awal karakter siswa, tidak menguji korelasi antara data aktivitas dengan hasil belajar siswa, serta tidak mengakomodasi siswa berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dalam mengimplementasikan discovery learning dengan bantuan LKS bertema untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains, 6(2), 103–112. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Anggrela, M., Kamaruddin, T., & Taher, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Berbantuan Media Smart Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 5(2), 108–114.

Aprilia, L., Sutaryadi, & Susilowati, T. (2013). Penanganan Perbedaan Individual Dalam Proses Pembelajaran Stenografi. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2(2), 1–12.

Ariawati, K. N., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 332. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36781

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asmaradewi, M. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Choo, S. S. Y., Rotgans, J. I., Yew, E. H. J., & Schmidt, H. G. (2011). Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learning. Advances in Health Sciences Education, 16(4), 517–528. https://doi.org/10.1007/s10459-011-9288-1

Erlin, C., Hala, Y., & Danial, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Eremerasa. Jurnal IPA Terpadu, 1(1), 23–39.

Ermita. (2021). Make a-match : Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 429–436.

Fatonah, S. D. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas 7b SMP Negeri 2 Pandeglang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 204–210. https://doi.org/10.30653/003.202172.188

Fitriani. (2010). Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa dan Upaya Penanggulangannya di SMK Negeri 1 Sidenreng Rappang. UIN Alauddin Makasar.

Hasmin, L. O., & Ramli. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA Negeri 1 Loghia Kabupaten Muna. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(3), 1–11.

Helmane, I. (2017). Thematic Approach and Mathematics Textbooks in Primary School. Rural Environment Education Personality, 70–77.

Hidayah, I., Pujiastuti, E., & Chrisna, J. E. (2016). Teacher’s Stimulus Helps Students Achieve Mathematics Reasoning and Problem Solving Competences. Journal of Physics: Conference Series, 824(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Ilyas, H. M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 04(01), 58–85.

Indrawati, F. (2019). Hambatan Dalam Pembelajaran Matematika. Simposium Nasional Ilmiah, November, 62–69. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.293

Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A. A., & Putra, P. S. E. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3720

Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.46

Langa, V., Suparmi, N. W., & Kua, M. Y. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Interaktif untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 78–88. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41496

Lestari, A. P. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–9.

Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 152–175.

Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74.

Mone, H. F. (2019). Dampak perceraian orang tua terhadap perkembangan psikososial dan prestasi belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 155–163. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.20873

Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.

Ngadiwon. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Di SMPN 2 Kota Bekasi. Research and Development Journal Of Educationf Education, Special Ed(Oktober 2020), 117–130. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1190

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284

Nugroho, Y. E. (2018). Kit Hand Made Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kompetensi Alat Optik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 45. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2346

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti,

E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Math Locus: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6.

Permana, A. C. (2022). Lab Kit Development To Improve Student’s Attitudes and Achievements in Distance Learning. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 1–12.

Putri, Y. R., Rusdi, M. R., & Syamsurizal. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dengan Penugasan Portofolio untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa SMP. Edu-Sains, 8(2), 1–10.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rajab, A., Masruhim, M. A., & Widiyowati, I. I. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Bantuan Media Papan Tempel pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa. BIVALEN: Chemical Studies Journal, 1(1), 39–44.

Rakhima, A. A., Agoestantob, A., & Sajaka, K. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang dengan Model DL pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel. Prisma, 2, 301–304.

Ridwan. (2022). Melalui Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Pada Materi Cahaya Pelajaran IPA di SMPN 1 Meureudu. Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(3), 83–89.

Saptandari, E. W. (2020). Keterampilan Guru untuk Mengajar Siswa Heterogen Individu. Universitas Gadjah Mada.

Silmi, M., & Kusmarni, Y. (2017). Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 6(2), 230–242. https://doi.org/10.17509/factum.v6i2.9980

Sofiyana, M. S., Aswan, N., Munthe, B., Wijayanti, L. A., Jannah, R., Juhara, S., Tedy, S. K., Laga, E. A., Sinaga, J. A. B., & Suparman, A. R. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Global Eksekutif Teknologi.

Sukardjo. (2008). Handout Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran IPA. PPs Universitas Negeri Yogyakarta.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 38–54. https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Universitas Negeri Padang.

Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 240–246.

Suryani, L., Misnahwati, M., & K, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Basicedu, 6(3), 3314–3324. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2596

Susilo, M. J. (2016). Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach Di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 97–101.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Startegi Giving questions and Getting Answers pada Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 57–63.

Utomo, D. P. (2011). Masalah-Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Di Sltp. Widya Warta, 01(01), 196–204.

Vallori, A. B. (2014). Meaningful Learning in the Practice. Journal of Education and Human Development, 3(4), 199–209.

Wahjudi, E. (1970). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I Di SMP Negeri 1 Kalianget. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.24929/lensa.v5i1.242

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Gaung Persada Press.

Yusri. (2018). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (pbl) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMPN 4 Aikmel Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 9–16.


Article Metrics

Abstract view : 435 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.