PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII

Kezia Yulnat Tangalayuk(1), Sitti Rahma Yunus(2*), Salma Samputri(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.36349

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar IPA peserta didik setelah penerapan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. (2) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diajar dengan model pembelejaran inkuiri terbimbing. (3) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 49 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre Eksperimental Design dengan menggunakan desain penelitian One Group pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 49 Makassar. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas VIII.1 32 orang. Instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis disimpulkan: (1) tingkat hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya dan alat optik adalah tinggi. (2) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya dan alat optik adalah sedang. (3) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 49 Makassar dengan pengujian hipotesis π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 17,89 > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 1,701.

Full Text:

PDF

References


Amijaya. Sunarya. Lalu, Ramdani. Agus, Merta. Wayan. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA. Vol. 13, No. 2.

Hernawati, D., Nandiyanto, D.B.A., dan Mohammad, N. (2020). The Use Learning Videos In Order To Increase Student Motivation and Learning During The Covid-19 Pandemic. Asean Journal Of Science And Engineering Education. 1(2).77-80.

Inayati. lin, Nugraha. Enung, Asep. Soefurohman. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.7, No. 1.

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Mulyasa, E. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurfaridah,Bahtiar,Nevi.Ernita. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Pada Pembelajaran fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal RisetInovasi Pembelajaran Fisika.Vol.2, No.1.

Novidiantoko, D. (2019). Guru, Mari Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Noviana. Syafa’atin, Connie dan Dedy Hamdani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta didik Kelas X IPA.3 SMA Negeri Bengkul Tengah. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 1, No.1.

Nurdyansyah,Fahyuni fariyatul Eni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran.Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Putri, Raida Fadia. Suharto, Bambang. Rusmansyah. (2019). Penerapan Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid. Jurnal of Chemistru and Education. Vol.3, No.2.

Rahmawati, Rizka Susilaningtyas. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan. Vol5, No. 2.

Rahmadani. Rini, Adha. Yuni, Rahmawati. (2018). Analisis Aspek Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Instrumen Penilaian Materi Protista Untuk Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Biodik.Vol. 4, No.1.

Ramlawati, Indriwati.Nur, Rusli. Aqil. Muhammad. (2020). Analisis Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal-Soal Level C4 (Menganalisis) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. Vol.3, No.2.

Ramlawati, Sudarto, Kurnaeni. Nur. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 15 Makassar (Materi Pokok Ekosistem). Jurnal IPA Terpadu. Vol.3,No.1.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(2), 188-201.

Sinuraya. Jubahasa, Mihardi. Satria. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Mahapeserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Matakuliah Fisika Umum.Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Vol. 25, No.2.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktorfaktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, W., & Wiratman, L. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sundari. Siti. Fitri, Indriany. Elis, (2019). Penerapan Model Pembelajarn Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2.

Sulistyorini, S. (2007).Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya Dalam KTSP.Semarang:Tiara Wacana

Udiana. Ni Ketut, Marhaeni, Arnyana, Putu. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas IV SD No.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Bandung. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol.7,N0.1)

Wina Sanjaya. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group.

Yunus, Ayu. Danial, Muhammad. Muharram. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mteri Koloid. Chemistry Education Journal. Vol. 5, No.2.

Yunus. Sitti. Rahma, Ramlawati, Selviyanti. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Pada Materi Pokok Alat Optik.Julnal IPA Terpadu. Vol.2, No.1.

Yunus. Sitti Rahma, Muhiddin. H. Nurhayani, Taufiq. Hasnawati. A. (2018). PengaruhModel Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta DidikKelas IX SMPN 13 Makassar Pada Materi Listrik Statis.Jurnal IPA Terpadu. Vol.2, No.1.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

Β 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT)Β is licensed under aΒ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.