PENERAPAN MODUL 2PR PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS VIII SMPS MONDIAL BATAM PADA MATERI TEKANAN

Ahmad Mulkani(1*),

(1) SMPS Mondial Batam
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.35907

Abstract


Penulisan praktik baik ini bertujuan untuk menerapkan modul 2PR dengan sintak probing prompting  guna meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini sebanyak 24 siswa SMP kelas VIII semester genap yang sedang mempelajari materi tekanan. Langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan dilakukan penyusunan modul 2PR berdasarkan analisis keterampilan dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada materi tekanan. Pada tahap pelaksanaan dilakukan implementasi sintak pembelajaran model probing prompting menggunakan modul 2PR. Sementara tahap evaluasi dikategorikan menjadi tiga, yaitu: (1) evaluasi keterisian tugas mandiri pada bagian contoh soal, (2) evaluasi keterisian tugas mandiri pada bagian latihan, dan (3) evaluasi penilaian harian yang terpisah dari modul. Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan sintak probing prompting  menggunakan modul 2PR dengan rerata dan persentase ketuntasan belajar lebih dari 80%. Hasil ini menjadi salah satu bukti bahwa secara perlahan tapi pasti dampak merugikan dari learning loss yang telah berlangsung lama sejak bergulirnya pembelajaran jarak jauh secara penuh dapat direduksi dengan cara yang solutif, adaptif, dan aplikatif.


Full Text:

PDF

References


Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran Di Sekolah Selama Pandemi Di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464-473.

Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyana, Y. dkk. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid 19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104-113.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fatmi, N., Siska, D., & Nadia, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Pembelajaran Fisika, 4(2), 68-80.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Husna, A. dan Himmi, N. (2018). The Development of Probing Prompting Based-Module on Calculus 2 Course for Mathematics Education Study Program. Mathematics Research and Education Journal, 2(1), 1-7.

KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses tanggal 5 Desember 2022 dari https://kbbi.web.id/sains.

Maulani, I. dan Ellizar. (2020). Efektivitas Modul Reaksi Redoks Dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), 74-79.

Rokhmah, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Probing-Prompting Untuk Melatihkan Berpikir Kritis. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Sulistyowati, P. (2018). Perbedaan Hasil Belajar dalam Pembelajaran yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Teknik Pembelajaran Probing Prompting. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 84-90.

Utami, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Riksa Bahasa, 2(2), 15.


Article Metrics

Abstract view : 3357 times | PDF view : 3 times

Refbacks



Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.