RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM

Lis Afriyanti(1*), Irdam Idrus(2), Sri Irawati(3), Kasrina Kasrina(4), Alif Yanuar Zukmadini(5),

(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(4) Universitas Bengkulu
(5) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31792

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan model pembelajaran 5E (learning cycle) sebagai alternatif untuk membelajarkan materi ekosistem. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yaitu metode deskriptif. Tahap penelitian meliputi: 1) Analisis Kurikulum, 2) Analisis Kompetensi Dasar, 3) Telaah Materi Pelajaran, 4) Merumuskan Indikator dan Tujuan Pembelajaran, 5) Menentukan Model Dan Metode Pembelajaran, 6) Memilih Media Pembelajaran, 7) Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Analisis data meliputi: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, 3) Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dirancang adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi ekosistem yang dirancang untuk 2 kali pertemuan tatap muka. RPP disusun sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. RPP terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup yang mengacu pada sintaks pembelajaran model 5E (learning cycle) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Pembangkitan minat (Engagement), 2) Eksplorasi (Exploration), 3) Penjelasan (Explanation), 4) Elaborasi (Elaboration), 5) Evaluasi (Evaluation).

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP 1 (2), 165-174. DOI: 10.30998/sap.v1i2.1023

Aditya., Margunayasa., & Kusmariyatni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus 5E Berbantuan Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 248-256. DOI: 10.23887/jisd.v2i3.16139

Ajwar. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Mata Pelajaran IPA pada Kelas III SDN 03 Kota Bima Tahun 2017/2018. Jisip, 2(1), 233-237. DOI: 10.36312/jisip.v2i1.265

Alwardah, N., Sitorus, K., & Nuraini, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa. JIT: Jurnal IPA Terpadu, 4(2), 53-62. DOI: 10.35580/ipaterpadu.v4i2.18927

Anderson, L.W., & Krathalwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Assesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary. R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta : Dirjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Haryati, A. S. (2018). Penggunaan Media Gambar Dan Media Radio Pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X Tunas Harapan Balaraja Tangerang. Jurnal Kredo, 1(2), 14-25. DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2108

Hasanah. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal At-Taqqadum, 8(1), 21-46. Doi: 10.21580/at.v8i1.1163

Irwandi., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMA Di Kawasan Pesisir Kalimantan Selatan. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73. DOI: 10.20527/binov.v1i2.7859

Miles, M.B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nurdyansyah, (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Pane, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. DOI: https:10.24952/fitrah.v3i2.945

Permendiknas. (2007). Nomor 41 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Permendikbud. (2016). Nomor 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Permendikbud. (2016). Nomor 24 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Putri, D. (2019). Pengaruh Apersepsi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD Negeri 16 Kota Bengkulu. (Skripsi, Tarbiyah Dan Tadris Institud Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia). Retrieved from. http://Repository.iain.bengkulu.ac.id

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sipayung, O., & Darwin. (2016). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Kelas X Program Keahlian Kontruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 2 Pematang Siantar. Jurnal Education Building, 2(1), 87-93. DOI: 10.24114/eb.v2i1.3851

Suprapti., & Endang. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Power Point ISPRING Pada Materi Ajar Laying-Lang, Jajar Genjang Dan Trapezium Di Kelas VII SMP. Mathematic Education, Science And Technology, 1(1), 57. DOI: 10.30651/must.v1i1.98

Uno, B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Bumi Aksara.

Yuliati, Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 1 (1), 58-67. DOI: 10.31949/jcp.v1i1.346

Zubaidi, A. (2015). Model-Model Pengembangan Kurikulum Dan Silabus Pembelajaran Bahasa Arab. Cendekia, 13 (1), 107-114. DOI: 10.21154/cendekia.v13i1.240


Article Metrics

Abstract view : 920 times | PDF view : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.