HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Saparuddin Saparuddin(1*), Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai(2), Sahribulan Sahribulan(3),

(1) Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Biologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.25502

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen (pre-experimental design) dan korelasi dengan rancangan One Group Pretest-Posttest design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas XI IPA 9 SMA Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 50 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar biologi siswa pada materi sistem ekskresi yang berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan korelasi product moment. Analisis deskriptif menggambarkan terjadi peningkatan dari pretest ke posttest untuk kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Rata-rata pretest untuk kemampuan berpikir kritis 24,10 dan postest 79, sedangkan, rata-rata pretest untuk hasil belajar 29,80 dan posttest 77,28. Uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan nilai korelasi 0,765.

Full Text:

PDF

References


Akinoglu, O. & Tandagon , R. O. 2007. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2007, 3(1), 71-81.

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew. B. T., & Kuma, S. G. (2016). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem Solving Skills of Physics. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, Vol. 13 (3), pp. 857-871. doi 10.12973/eurasia.2017.00647a.

Astawa, D. N. W. (2019). Influence of Mind Mapping Method Implementation on Learning Results Social Science is Required from Students Interest. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, Vol. 6 (3), pp. 94-100.

Buzan, Tony. 2009. Buku Pintar: Mind Map. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Hastings, D. 2011. Case Study Problem Based Learning and the Active Classroom (Online), http://www.cstudies.ubc.ca/facdev/services/newsletter/index/html, diakses 12 April 2012).

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Ikman., Hasnawati., & Rezky, M. F. (2016). Effect Of Problem Based Learning (Pbl) Models Of Critical Thinking Ability Students On The Early Mathematics Ability. International Journal of Education and Research, Vol. 4 (7), pp. 361-374.

Insani, A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, 2(1).

Ismail. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Inquari dan PBL yang Terintegrasi dengan STD Dalam Mengukur Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotoirk Siswa. Tesis UM Malang. Malang

Mahmuddin. 2010. Artikel: Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran. Diakses pada tanggal 21 september 2010.

Mulyanto, H., Gunarhadi., & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Research Review, Vol. 3 (2), pp. 37-45.

Nurhadi, Yasin, B., & Senduk, A.G. 2013. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Palluvi. 2010. Analisis Kemampuan Berfikir dan Belajar Peserta Didik. PT. Rosdakarya. Bandung

Reta, I Ketut. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Sudut gaya Kognitif. Artikel. Tidak diterbitkan. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Ristiasari, T., Priyono, B,. Sukaesih, S. jurnal: Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Biologi Education. 1(3) (2012).

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Silaban, R. 2012. Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer. Artikel. FMIPA Universitas Negeri Medan

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2011. Model-Model Pembelajaran Inofatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher: Jakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibowo, N. (2017). An Application Of Mind Mapping Teaching Model To Enhance Natural Science Learning Achievement In The Fifth Graders In The First Semester At Sd N 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education, Vol.1 (4) pp. 250- 254.

Wulandari. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PBL dan Inquary. Tesis. UPI Bandung. Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 1527 times | PDF view : 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.