DESKRIPSI MISKONSEPSI IPA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO – TIER MULTIPLE CHOICE QUESTION DISERTAI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN AKREDITASI A SE-KECAMATAN MANGGALA

Nia Agustina(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.24185

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi IPA dengan menggunakan tes diagnostik two – tier multiple choice question disertai CRI peserta didik kelas VIII SMPN akreditasi A se-Kecamatan Manggala. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survey dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN terakreditasi A Se-Kecamatan Manggala yaitu SMPN 17 Makassar, SMPN 19 Makassar, SMPN 20 Makassar, dan SMPN 8 Makassar sebanyak 1492 peserta didik, sampel dipilih dengan teknik Random Sampling menggunakan Rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 372 peserta didik. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda dua tingkat disertai CRI sebanyak 21 butir soal. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes secara online melalui google form. Hasil data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Persentase miskonsepsi peserta didik pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebasar 52.82% dengan kategori sedang. Terdapat 3 kategori miskonsepsi yaitu miskonsepsi 1 (B-S->2.5), Miskonsepsi 2 (S-B->2.5) dan Miskonsepsi 3 (S-S->2.5), yang secara berturut-turut persentasenya sebesar 13.36%, 10.94% dan 28.51%.

Full Text:

PDF

References


Campbell, R., & Mitchell, L. (2012). Biologi. Jakarta: Erlangga.

Hakim, A., Liliasari, & Kadorahman, A. (2012). Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Education science, 549. 4 (3), 544-553.

Hasan, S., D. Bagayoko, D., and Kelley, E. L. 1999. Misconseptions and the Certainty of Response Index (CRI). https://www.researchgate.net/publication/241530804_Misconceptions_and_the_Certain ty_of_Response_Index_CRI. Diunduh pada tanggal 2 February 2023 pukul: 11.00.

Late, M. N., Sutopo, & Yuliati, L. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis dan Hukum Archimedes Siwa SMP Melalui Pembelajaran Discovery. Jurnal Pendidikan.

Mustikasari, V. R., Annisa, M., & Munzil. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Konsep tekanan Zat Siswa Kelas VIII-C SMPN 1 Karangploso Semester Genap Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Pembelajaran Sains, 48. Volume 1 Nomor 2.

Nurrachmani, R. D. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia Dengan Tes Four Tier Multiple Choice. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 02, No.01.

Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty Of Response Index: Study Eksplorasi Di SMP Negeri 60 Surabaya. Pendidikan Sains.

Serway, R., & John, W. (2006). Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Salemba Teknika.

Siswana, R., Armen, & Helendra. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Padang Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Journal Biosains. ISSN : 2354 - 8371.

Suliyanah, Putri, H., & Rohmawati, L. (2017). Identification student’s misconception of heat and temperature using three-tier diagnostic test. IOP Conf. Series: Journal of Physics (p. 1). Surabaya: IOP Publishing.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan dalam Konsep Fisika. jakarta: Grasindo.

Zayyinah, Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Smp Dengan Certainty Of Response Index (Cri) Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Science Education National Conference (p. 78). Sampang: Prosiding Senco.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.