PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA BARANG BEKAS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES LANRAKI 1 KOTA MAKASSAR

Imelda Dua Kleruk(1), St Muriati(2*), Jaja Jamaluddin(3),

(1) Program Studi PGSD FKIP Universitas Bosowa
(2) Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Bosowa
(3) Program Studi PGSD FKIP Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.23922

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui media barang bekas pada siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Desain penelitian meliputi empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yaitu 76 pada siklus I dan 90 pada siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar yaitu 58,33% dan ketidaktuntasan hasil belajar yaitu 41,66% sedangkan pada sikus II ketuntasan hasil belajar mencapai 100% yang sudah melampaui indikator keberhasilan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kota Makassar melalui media barang bekas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi aksara.

Arsana, I, W., dkk. 2019. Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Arsyad, A. 2017. Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Basri, H. 2013. Landasan pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Maliki. 2016. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar (Suatu Pendekatan Imajinatif). Jakarta: Kencana.

Nilawati, E. S. 2010. Menyulap Sampah Jadi Kerajinan Cantik. Jakarta: Nobel Edumedia.

Raisah, P. 2017. Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 5 Pidie. Fakiltas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Derussalam, Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Sadiman, A. S., dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.

Sadirman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Palkem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 365 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.